PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Tanti Jumaisyaroh Siregar

Abstract


Abstrak:

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan sosial siswa yang diajarkan dengan pembelajaran  kooperatif tipe STADdengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan model kuasi eksperimen dengan desain kelompok pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa dari salah satu SMP swasta yang berada di Kecamatan Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII sebanyak 30 orang pada kelas eksperimen dan 30 orang pada kelas kontrol yang diambil secara acak menggunakan cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk essay test dan angket keterampilan sosial siswa dalam skala likert pada mata pelajaran matematika. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sig   = 0.00001 <  α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap keterampilan sosial yang diperoleh siswa antara pembelajaran kooperatif tipeSTAD dengan pembelajaran langsung. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap keterampilan sosial siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipeSTAD lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung.

 

Kata Kunci :

Pemecahan Masalah Matematis, Keterampilan Sosial, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

 

Abstract:

The purpose of this study is to analyze the differences in the increase in problem-solving abilities and social skills of students who are taught by cooperative learning type STAD with students who are given direct learning. This research is a type of quantitative research using a quasi-experimental model with a pre-test-post-test control group design. The population in this study included all students from one of private junior high school in Percut Sei Tuan. The sample in this study involved 30 class VIII students in the experimental class and 30 people in the control class who were taken randomly using cluster random sampling. The type of data in this research is quantitative data. The instruments used to obtain the data in this study were a test of mathematical problem-solving abilities in the form of an essay test and a questionnaire for students' social skills on a Likert scale in mathematics. Data were analyzed using inferential statistics using t-test. Based on the results of data analysis, the value of sig = 0.00001 <α = 0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant difference in the increase in mathematical problem-solving abilities and attitudes of social skills obtained by students between cooperative learning type STAD and direct learning. Therefore, it can be concluded that the average mathematical problem-solving ability and the attitude of social skills of students who get STAD type cooperative learning is significantly higher than students who receive direct learning.

              

Keywords:

Mathematical Problem Solving, Social Skills, Cooperative Learning Type STAD


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amrotujanah & Masruri, M.S. (2015). Peningkatan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui outdoor activity di SMP kaligodang Kabupaten Purbalingga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 1-11.

Arends, R.I. (2008). Learning to teaching seventh edition. New York: McGraw Hill Companies.

Cahyani, H., dan Setyawati, W.S. (2017). Kemampuan pemecahan masalah melalui pbl untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X. 151-160.

Cahyo, A.N. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar teraktual dan terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods : A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am. Journal Phys, 66(1).

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2018). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hunaepi, Samsuri,T., & Afrilyana, M. (2014). Model pembelajaran langsung: Teori dan praktik. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Isjoni. (2011). Cooperative learning (Efektivitas pembelajaran kelompok). Bandung: Alfabeta.

Kardi, S., & Nur, M. (2000). Pengajaran langsung. Surabaya: UNESA-University Press.

Kurniati, N.S., Ratnaningsih, N.S., & Hermanto,R. (2019). Implementasi model pembelajaran arias untuk mengeksplor kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 450-456.

Kusadi, N.M.R., Sriartha, I.P., & Kertih, I.W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skill and Creativity Journal, 3(1), 18-27.

Masitah. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematis siswa mts. Tesis, Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Medan.

Minarni, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2). 162-174.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mahematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc.

Novitasari & Wilujeng, H. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137-147. Nurdyansyah & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi model pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center .

Polya. (1973). How to solve it. Princeton: Princeton University Press.

Sanaki, F.Y. (2020). Studi komparatif pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan logan avenue and problem solving (LAPS). Heuristik. Jurnal Padegogik, 3(1). 81-93.

Santoso, F.G.I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi berprestasi belajar matematika siswa. Jurnal FMIPA, 1(2), 157-169.

Slavin, R.E. (2011). Cooperative learning: Theory, research and practice. London: Allymand Bacon.

Sugiarti, R., & Pribadi, A.S. (2013). Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan JIGSAW terhadap peningkatan keterampilan sosial pada siswa SMA. Jurnal Wacana Psikologi, 5(2), 1-15.

Sundayana, R. (2016). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Jakarta: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana.

Ulum, C. (2018). keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas v MI muhamadiyah selo Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 111-135.

Wahyudi & Anugraheni, I. (2017). Strategi pemecahan masalah matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Vhalery,R., Sari, A.I.C., & Yusup, A.A.M. (2020). Perbandingan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe CI dan CLS. Research and Development Journal Of Education. Special Edition October 2020. 60-71.

Winarto, B. (2018). Peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe stad melalui pemanfaatan alat peraga. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 1(1), 12-20.

Yarmayani, A. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas xi MIPA SMA negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12-19.

Zahroh, U., Mohamed, Z., & Ghani, S.A. (2014). Pengaruh pembelajaran matematika berasaskan kooperatif dengan strategi penyelesaian masalah pemikiran tingkat tinggi terhadap prestasi belajar keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 203-208




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.9265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

                      

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.