PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Riri Syafitri Lubis

Abstract


Abstrak:

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar aljabar linier mahasiswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi,  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sedangkan sampel dalam penelitian  ini adalah mahasiswa Fis 1 semester III yang berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode experimental design dengan jenis pretest dan posttest one group design. Penelitian ini mengambil desain eksperimen yang hanya melibatkan satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa   >  yaitu 55,53 > 4,11 maka persamaan garis regresi tersebut menunjukkan signifikan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe jigsaw  terhadap hasil belajar aljabar linier mahasiswa semester III Program studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi,  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

 

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Aljabar Linier

 

Abstract:

The purpose of this study was to determine the effect of using the type of jigsaw cooperative learning model on student linear algebra learning outcomes. The population in this study were all third semester students of Physics Study Program, Faculty of Science and Technology, State Islamic University of North Sumatra. While the sample in this study were 38 students of the third semester of Fiscal 1. This study used experimental design with the type of pretest and posttest one group design. This study took an experimental design involving only one group without a comparison group. From the results of the study, it was found Fcount > Ftable that 55.53> 4.11, the regression line equation shows significant and it can be concluded that there is an effect of the jigsaw cooperative learning model on the learning outcomes of the third semester students of the Physics Study Program, Faculty of Science and Technology, State Islamic University of North Sumatera.

 

Keywords:

Jigsaw Type Cooperative Learning Model, Learning Outcomes, Linear Algebra

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Harleni, S. & Susilawati, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Program Linier Dengan Memanfaatkan Software QM Pada Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai, Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 3 (2), 59-65.

Muhibbin, Syah (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2004). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Pangesti, D.A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sumberejo Kemiling Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.

Sadirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Suryabrata (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovartif berorientasi konstruktivis: Konsep, landasan teoretis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riri Syafitri Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.