PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS

Eka Khairani Hasibuan, Nur Atikah Rambe, Syarbaini Saleh

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa materi bangun ruang sisi datar dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I MTs Nurul Iman yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan analisis data pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa adalah 53,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 58,4. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,1. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar.

 

Kata Kunci:

Model Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

 

Abstract:

This study aims to improve the motivation to learn and the results of learning mathematics students class VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa material flat face three dimensional by applying model discovery learning. This study is the research action class consisting of the planning, action, observations, and reflection. The subject of this study is students class VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa that numbered in 34 students. Based on date analysis on the cycle I average motivation to learn of students is 53,1 and on the cycle II increased to 58,4. As an average of the results of learning students in the cycle I was 71,3 and on the cycle II increased to 81,1. Of research result can be concluded that the implementation of the discovery learning can increase the motivation to learn and the results of learning mathematics students in the material flat face three dimensional.

 

 

Keywords:

Discovery Learning Model, Motivation to Learn, Result of Learning Mathematics


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Julyanti, E. (2017). Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran discovery learning tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 46-50.

Lewin, K. & Keller, M. (1992). Instructional design theory and models : An overview of their current status, charles m. regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London.

Nurdin, S. & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Salim, S., Karo-Karo S, I.R. & Haidir, H. (2019). Penelitian tindakan kelas. Medan: Perdana Publishing.

Sardiman. (2010). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Uno, H.B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulan, N. (2018). Pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa mts swasta muhammadiyah-13 Tanjung Morawa. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eka Khairani Hasibuan, Nur Atikah Rambe, Syarbaini Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.