PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP/MTs

Devi Rahayu, Kartini Kartini, Putri Yuanita

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) model discovery learning pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa SMP/MTs yang valid dan memenuhi syarat praktikalitas. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 5 Tapung Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran memiliki skor ≥ 2,5 dengan kategori valid, dan hasil praktikalitas memiliki persentasi skor 87%. Sehingga perangkat pembelajaran discovery learning pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP/MTs telah valid dan memenuhi syarat praktikalitas.

 

Kata Kunci:

Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Representasi matematis

 

Abstract:

This research aims to produce the mathematics learning instruments which includes syllabus, learning implementation plans (RPP) and student activity sheets (LAS) model discovery learning on the material of quadrilateral and triangles to facilitate SMP/MTs students the mathematical representation abilities of that are valid and qualified of the practicality.  The development research model used is the 4-D which consists the stages of define, design, develop, and disseminate. The limited trial was conducted at SMP Negeri 5 Tapung Hilir. The results showed that the result of learning instruments validation of had a score of ≥ 2.5 in the valid category, and the results of practicality had a percentage score of 87%. So that the instruments discovery learning on the material of quadrilateral and triangles to facilitate SMP/MTs of seventh grade students the mathematical representation abilities that are valid and qualified of the practicality.

 

Keywords:

Development Research, Learning Instruments, Discovery Learning, 4-D Development Models, Mathematical Representation Ability


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Artiah, A. & Untarti, R. (2017). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas vii smp negeri 6 Purwokerto. Journal of Matematics Education Alpha Math, 3(1), 1-11.

Aziela, N., Susanto, E., & Saragih, S. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi barisan dan deret untuk kelas xi sma/ma. Jurnal Online Mahasiswa, 6(2), 1-10.

Daryanto, D. & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Jakarta: Grava Media.

Delfita, O., Hutapea, N.M., & Murni, A. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1184-1196.

Hayati, N. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning pada materi segiempat dan segitiga kelas vii smp/mts. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(2), 116-132.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kholiqowati, H. (2016). Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir peserta didik dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Tesis, Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama. Bandung.

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, N. (2016). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa sma swasta di Kabupaten Manggarai. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 65-72.

Murni, Atma. (2012). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa smp melalui pembelajaran metakognitif dan pembelajaran metakognitif berbasis softskill. Jurnal Pendidikan, 4(2), 978–979.

NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, United States of America: The National Council of Theacher of Mathematics Inc.

Nurdin, S. & Adriantoni, A. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Permendikbud. No. 58 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama Madrasah Tsanawiyah. Kemendikbud. Jakarta.

Prasetyo, Z.K., dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.

Pratiwy. S.E. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas vii smp/mts. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Universitas Riau.

Rangkuti, A.N. (2014). Representasi matematis. Forum Paedagogik, 6(1), 110-127.

Sabirin, Muhammad. 2014. Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 33-44.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjiono, A. (2011). Pengantar statistik pendidikan. Rajawali Press. Jakarta.

Suhartono, S. (2016). Adversity quotient sebagai acuan guru dalam memberikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal Nasional INOVASI, 18(2), 62-70.

Wahyuni, S. (2012). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan self esteem siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Tesis, Tidak Dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wardhani, S. & Rumiati, R. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. http://p4tkmatematika.org.

Zulkarnain, Z. & Heleni, S. (2014). Strategi pembelajaran matematika. Pekanbaru: Cendika Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

                      

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.