ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET

Arjuna Yahdil Fauza Rambe, Lisa Dwi Afri

Abstract


Abstrak:

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI sebanyak 6 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian dan wawancara. Data dianalisis dengan model interaktif menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa dari sebanyak 36 orang siswa diperoleh sebanyak 6 orang siswa (16,6%) termasuk kategori tinggi, kemudian sebanyak 28 orang atau (77,77%) termasuk kategori sedang dan sebanyak 2 orang (5,55%) termasuk kategori rendah. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memahami masalah, merencanakan strategi dan melaksanakan strategi sudah dapat mengerjakannya, namun pada indikator mengecek kembali jawaban sebahagian siswa yang tidak melakukannya.

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Matematika

 

Abstract:

The purpose of this study was to determine how the students' mathematical problem solving abilities were. This research is a qualitative research. The research subjects were students of grade XI MIPA 1. The research data were collected by giving tests of mathematical problem solving abilities in the form of descriptions and interviews. Data were analyzed using an interactive model according to Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation, drawing conclusions and data verification. Based on the research, it was concluded that: out of 36 students, 6 students (16.6%) were in the high category, then 28 people or (77.77%) were in the moderate category and as many as 2 people (5.55%) belongs to the low category. From this research, it was found that the problem solving ability of students at the stage of understanding the problem, planning strategies and implementing the strategy was able to do it, but on the indicators, some students checked the answers that did not do it.

 

 

Keywords:

Problem Solving, Mathematics


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afri, Lisa Dwi. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CRA. Math Educa Journal, 1(1), 25-36.

Dahlan, J. A. (2011). Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka: Jakarta.

Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..

Hasratuddin. (2015). Mengapa harus belajar matematika?. Medan: Perdana Publishing.

Hayat, Bahrul. (2010). Benchmark internasional mutu pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, Heris. (2018). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kushendri, K. & Zanthy, L. S. (2019). Analisi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. Jurnal On Education, 1(1), 94-100.

Lailiyah, S., Sunismi, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence melalui strategi formulate share listen create dan metode suggestopedia pada materi aritmetika sosial. Jurnal Pendidikan, Penelitan dan Pengembangan, 14(7), 69-76.

Lutfiananda, I. M. A., Mardiana, M., & Saputro, D. R. S. (2016). Analisis proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika non rutin di kelas VIII smp islamaic international school pesantren sabilil muttaqien (IIS PSM) magetan ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 812-823.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mtsn dengan menggunakan metode open ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nizar, Ahmad. (2016). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, ptk dan penelitian pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Prence University Press.

Puspendik. (2016). Hasil TIMSS Indonesia tahun 2015. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah fokus pada berpikir kritis dan berpikir kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. (2010). Pengantar satistika pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Winarni, E. S. & dan Harmini, S. (2017). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arjuna Yahdil Fauza Rambe, Lisa Dwi Afri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.