ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT BULAT POSITIF

Meldawati Meldawati, Kartini Kartini

Abstract


Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan  soal  matematika pada materi bilangan berpangkat bulat positif. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Bangkinang Kota yang berjumlah 200 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VII-3 SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes tertulis untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, persentase siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan tes tertulis materi bilangan berpangkat bulat positif adalah sebagai berikut: 1) kesalahan konsep (43,67%), 2) kesalahan prosedur (48,27%), 3) kesalahan dalam operasi perhitungan (8,04%). Kesalahan yang banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes tertulis pada materi bilangan berpangkat bulat positif adalah kesalahan prosedur dengan  kategori cukup yaitu kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian.

 

Kata Kunci:

Analisis Kesalahan, Bilangan Berpangkat Bulat Positif

 

Abstract:

The purpose of this study is to find out the errors of the students in solving mathematical problems in a positive spherical number. This research is qualitative descriptive research. The Population of this study is 200 students from VII grade at SMPN 2 Bangkinang kota, while the sample consists of 10 students who were randomly selected. A test was used to collect the data. The results of the study shows that the students' errors are categorised as the following: 1) misconceptions (43.67%), 2) procedural error (48.27%), 3) miscalculation in operation (8.04%). The dominant errors of the students found in  integer matter are in procedure erros which is in considerable category. They have miscalculation in writing the step of completion.

 

Keywords :

Error Analysis, Positive Spherical Number


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fitriyani, Khannatul. (2009). Analisis kesalahan dalam mengerjakan soal matematika bentuk uraian pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat kelas x semester 1 sma negeri 1 Guntur. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Ischak, S. W & Warji, R. (1987). Program remedial dalam proses belajar mengajar. Yogyakarta: Liberty.

Isro’atun, I., Nurhasanah, A., & Syahid, A. A. (2020) Creative problem solving dan disposisi matematis dalam situation-based learning. Bandung: UPI Sumedang Press.

Kastolan, dkk. (1992). Idenifikasi jenis–jenis kesalahan menyelesaikan soal–soal matematika yang dilakukan peserta didik kelas ii program sma negeri sekotamadya Malang. Malang: IKIP Malang.

Komariah, A. & Satori, D. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ni’mah, Diana Rohmawati. (2009). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan persamaan garis lurus. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Pujilestari. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika sma materi operasi aljabar bentuk pangkat dan akar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan JISIP, 2(1), 226-232.

Salmi. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi perpangkatan dan bentuk akar kelas ix mts nur bahri Tanjung Pura tp 2019/2020. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Sriyanti, Ika (2019) Evaluasi pembelajaran matematika. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Meldawati Meldawati, Kartini Kartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.