The identification of misconceptions in visual learners based on the certainty of response index (CRI) in solving numeracy problems in algebra
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, L.A. (2016). Identifikasi miskonsepsi siswa dalam materi geometri pada pembelajaran matematika siswa kelas viii smp negeri 1 punggelan. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(1). https://bit.ly/4kAbLKk
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan bahan ajar materi garis dan sudut menggunakan macromedia flash dan moodle kelas vii sekolah menengah pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62
Altin, K., Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2021). Analisis miskonsepsi matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi hitung bentuk aljabar dengan certainty of respons index (cri). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 252–266. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/197
Ayuni, A., & Arif, S. (2023). Analisis miskonsepsi ditinjau dari gaya belajar dengan certainty of response index. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.837
Bire, A.L., Geradus, U., & Bire, J. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–178. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307
Guswanto, E., Susanto, & Trapsilasiwi, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan identitas trigonometri berdasarkan kriteria waston ditinjau dari gaya belajar. Kadikma, 9(1), 165–173. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8444/5789
Hakim, A., Liliasari, L., & Kadarohman, A. (2012). Student concept understanding of natural products chemistry in primary and secondary metabolites using the data collecting technique of modified cri. International Online Journal of Educational Sciences, 4(3), 544–553. http://www.acarindex.com/dosyalar/makale/acarindex-1423904279.pdf
Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E.L. (1999). Misconceptions and the certainty of response index (cri). Physics Education, 34(5), 294–299. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
Irfan, M., Nilawati, A.R., Sulistyowati, F., & Sukiyanto. (2023). Analisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah pada konteks budaya. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 8(2), 243–250.
Isyam, Y.A.N., Susanto, & Oktavianingtyas, E. (2019). Identifikasi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal timss konten aljabar ditinjau dari tingkat kecemasan matematika. Kadikma, 10(1), 74–84. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/11727/6869
Pratiwi, R. (2018). Miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berdasarkan proses berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal. Jurnal Eksponen, 8(1), 9–17. https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.136
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain pengembangan soal asesmen kompetensi minimum 2020. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2021). Framework asesmen kompetensi minimum (akm). Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan.
Pusmendik. (2023). Rapor pendidikan Indonesia tahun 2023. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan.
Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D.D.H., Lestari, N.D.S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam memecahkan masalah matematika materi bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan implusif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 207–216. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.6372
Rahayu, S., Setyawati, D.U., & Febrilia, B.R.A. (2021). Kesalahan dan miskonsepsi dalam aljabar. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 39–42. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267
Ramadhan, M., Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Analisis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal matematika berstandar pisa dengan menggunakan certainty of response index (cri). Kadikma, 8(1), 145–153.
Rangkuti, A.N. (2022). Diagnostik kesulitan belajar siswa pada materi aljabar. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 116. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.13310
Rohimah, S.M. (2017). Analisis learning obtacles pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 132–141. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293
Sari, B.P. (2023). Analisis miskonsepsi siswa dalam pemecahan masalah matematika materi pokok SPLDV ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 2(2), 69–83. https://doi.org/10.47134/trilogi.v2i2.40
Sari, H.M., & Afriansyah, E.A. (2020). Analisis miskonsepsi siswa smp pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.626
Sholehah, I.P., Triyanto, & Wulandari, A.N. (2021). Analisis miskonsepsi siswa pada materi garis dan sudut ditinjau dari gaya belajar siswa kelas vii smp negeri 13 surakarta tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(5), 211–220. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v5i5.59031
Sugianto, A. (2021). Kuesioner gaya belajar siswa. In Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id. https://bit.ly/45qqnrd
Taqiyuddin, M., Sumiaty, E., & Jupri, A. (2017). Miskonsepsi siswa sekolah menengah pertama pada topik pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 64–81. https://bit.ly/43sNy1E
Tayubi, Y.R. (2005). Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika menggunakan certainty of response index (cri). Jurnal UPI, 24(3), 4–9. https://bit.ly/3H8VRrM
Wiharjo, E., Capriana, R., & Wulandari, C. (2016). Studi komparatif pemanfaat geogebra dalam pembelajaran geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 144–150. https://bit.ly/4kCLdbr
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v14i1.20441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zidni Elma, Nurcholif Diah Sri Lestari, Ervin Oktavianingtyas, Dinawati Trapsilasiwi, Lela Nur Safrida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.