DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR

Ahmad Nizar Rangkuti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan belajar matematika pada materi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa pada materi aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII MTSS Al-Mukhlishin, Padang Sidempuan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes diagnostik, dan wawancara. Dilakukan triangulasi data untuk menjamin keabsahan data sebelum dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan beberapa kesulitan belajar siswa. Seluruh kesulitan yang dialami oleh siswa dikelompokkan dalam tiga hal yaitu terletak pada kemampuan penyelesaian, kemampuan menggunakan konsep, serta prinsip dan operasi tanda yaitu positif dan negatif.

 Abstract

This study aims to see students' difficulty in learning algebra.  The subjects in this study include two classes of the 8th grade students of MTSS Al-Mukhlishin, Padang Sidempuan.  This study follows a qualitative descriptive research method.  Data collection techniques used were observation, diagnostic tests, and interviews.  Data triangulation was carried out to ensure the validity of the data before drawing conclusions.  The results of this study indicate that students have some learning difficulties.  All the difficulties experienced by students are grouped into three things, namely the ability to solve the algebra task, the ability to use concepts, as well as principles and sign operations, namely positive and negative.


Keywords


Diagnostik; Kesulitan belajar; Aljabar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfiyatin, Y. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran penemuan perbimbing dengan alat peraga KABARU pada materi luas permukaan prisma dan limas. AL-IBRAH, 3(2), 39–55.

Amriarto, K. S., & Hidayati, K. (2022). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pemecahan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar kelas viii. … Matematika Dan Matematika, 6(2721).

Astuti, M., & Handayani, T. (2019). Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa kelas V di madrasah ibtidaiyah munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(1), 5–18. https://doi.org/10.19109/jip.v5i1.3284

Darimi, I. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Dwi Kusumawati, A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi operasi aljabar bagi siswa kelas vii smp negeri 3 Salatiga. Paedagoria | FKIP UMMat, 9(1), 30. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.265

Hadi, S., Ismara, K. I., & Tanumihardja, E. (2015). Pengembangan sistem tes diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa smk. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 168–175. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5577

Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar kooperatif. Bumi Aksara.

Hardianty, M., & Septian, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa sma terhadap implementasi kurikulum 2013. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 301–310.

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar di kelas vii smp negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.

Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 355–364.

Krisna, F. P. P. (2019). Diagnosis kesulitan belajar matematika dan upaya remediasi bagi siswa kelas vii smp joannes bosco Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Universitas Sanata Dharma.

Lestari, D. E., & Suryadi, D. D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 247–258.

Marliana, E. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika pada Materi Aljabar di SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai TP 2016/2017 skripsi.

Massi, D. A. (2015). Deskripsi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi operasi hitung bentuk aljabar. Universitas Negeri Gorontalo.

Novianti, V., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis kesulitan siswa smk dalam menyelesaikan soal materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 161–168.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam materi bangun datar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 01(02), 323–334.

Rachman, A. F., & Saripudin, S. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas xi pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 126–133.

Rochmah, B. L. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi aljabar kelas viii-a mts negeri ngantru tahun ajaran 2016. UIN SATU Tulungagung.

Wulandari, S. (2020). Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas x sma. Math Educa Journal, 4(1), 64–80. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.904

Yueni, D. R. (2018). Diagnosis kesulitan belajar matematika materi operasi aljabar pada siswa smp kelas vii. Simki-Techsaun, 02(06), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i2.13310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Nizar Rangkuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.