PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS SOFTWARE R PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM APLIKASI STATISTIK PENDIDIKAN

Mutijah Mutijah, Ulfah Rulli Hastuti

Abstract


Buku panduan praktikum berbasis software open source R dipandang penting pada program studi yang masih baru dan memiliki mata kuliah praktikum. Salah satu mata kuliah praktikum pada Program Studi Tadris Matematika FTIK IAIN Purwokerto adalah Praktikum Aplikasi Statistik Pendidikan. Proses penyelenggaraan pembelajaran mata kuliah tersebut memerlukan laboratorium komputer lengkap dengan perangkat lunak atau software dan buku panduan praktikum untuk mendukung kelancaran pelaksanaannya.  Penggunaan software open source R tidak memerlukan biaya lisensi dan memiliki kelebihan berupa fasilitas grafik yang relatif baik, bahasa berbasis analisis matriks, general, portability, multiplatforms, dan programmable. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Praktikum pada Mata Kuliah Praktikum Aplikasi Statistik Pendidikan yang valid menurut ahli media, ahli materi, dan dosen pengampu. Praktis menurut respon mahasiswa dan efektif digunakan dalam praktikum Aplikasi Statistik Pendidikan ditinjau dari hasil belajar mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes hasil belajar, dan dokumen berupa buku panduan praktikum. Responden penelitian adalah mahasiswa semester 4 (empat) yang sedang menempuh mata kuliah Praktikum Aplikasi Statistik Pendidikan sebanyak 58 mahasiswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa persentase dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Panduan Praktikum Berbasis Software R sangat valid ditinjau dari kelayakan menurut ahli media , ahli materi, dan respon dosen pengampu mata kuliah Praktikum Aplikasi Statistik Pendidikan dengan persentase rata-rata kelayakan sebesar 87,05 %. Sangat praktis berdasarkan respon mahasiswa yaitu sebesar 91,50 % dan efektif ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Aplikasi Statistik Pendidikan dengan nilai rata-rata sebesar 77,50.

Abstract

A practical guidebook based on Software Open Source R is considered important for a new study program with a practical module. One of the practical modules in the Tadris Matematika study program of FITK IAIN Purwokerto is the practical module of Education Statistics. The process of delivering this module requires a computer laboratory with software and practical manuals to support the smooth implementation of this module. The use of open-source R software does not require a license fee and has the advantages of relatively good graphics facilities, a matrix analysis-based language, generality, portability, multi-platforms, and programmable. This development study uses the Borg and Gall model which aims to develop a Practical Handbook on Practical Educational Statistics Application Courses that are valid according to media experts, material experts, and supporting lecturers. Practical according to student responses and effectively used in the Education Statistics Application practicum in terms of student learning outcomes. Data collection techniques include questionnaires, learning outcomes tests, and documents in the form of a practical handbook. Research respondents include the 4th (fourth) semester students who are taking the Education Statistics Application Practicum course as many as 58 students. Data analysis used descriptive statistics in the form of percentages and average values. The results showed that the Software R-Based Practical Handbook was very valid in terms of feasibility according to media experts, material experts, and the responses of the lecturers in charge of the Education Statistics Application module with an average percentage of eligibility of 87.05%. This result is very practical based on student responses, which is 91.50%, and effective in terms of student learning outcomes in the Educational Statistics Application module with an average value of 77.50.


Keywords


Buku panduan praktikum; Software R; Aplikasi statistik pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.

Firdaus, K. (2018). Efektifitas Layanan Mobile Aplikasi "mLibrary" di Universitas Gadjah Mada. Surabaya: Repository Universitas Airlangga.

Gio, P. d. (2016). Belajar Statistika dengan R (disertai beberapa contoh perhitungan manual). Medan: USU Press.

Hadi, S. (2017). Statistik Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jawasi, d. (2018). Pengembangan Modul Praktikum SPSS pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Sains. Batusangkar: IAIN Batusangkar.

Kurniawan, R. S. (2016). Pengembangan Modul Praktikum pada Mata Kuliah Statistik Penelitian. (hal. 227-229). Surabaya: Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi.

Malik, A. d. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Munir, M. d. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum MATLAB dan Uji Efektivitasnya pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram. Al-Muta'aliyah, 56-58. Diambil kembali dari http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah

Nofiana, I. d. (2015). Pengembangan Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Teknologi Informasi Pendidikan, Vol. 3, No. 5.

Novitasari, D. H. (2020). Basic Programming Using R. Surabaya: Kota Tua.

Rosadi, D. (2016). Analisis Statistika dengan R. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sa'idah, N. d. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Analisis Data pada Mata Kuliah Statistik dalam Meningkatkan Belajar Mandiri Mahasiswa. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 198-203.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, dan Teknik. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarli, d. (2017, September). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika:Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, Volume 2, Number 2, 30-34.

Tim. (2006). Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Tim. (2012). Panduan Praktikum Dasar-Dasar Statistika. Surabaya: Program Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Tim. (2015). Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik. Makasar: LKPP UNHAS.

Tim. (t.thn.). Buku Petunjuk Praktikum Dasar Algoritma dan Pemrograman. Malang: Laboratorium Komputasi dan Jaringan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Tim, L. (2016). Buku Panduan dan Laporan Praktikum. Riau: Laboratorium Komputer STIMIK AMIK Riau.

Tim, W. K. (2012). Panduan Praktik SPSS 20. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Widyastuti, N. d. (2019). Pengembangan Modul Praktikum SPSS Versi 20 pada Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas Berbasis Web untuk Memfasilitasi Keterampilan Pengujian Hipotesis Penelitian. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 77-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i1.11002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutijah Mutijah, Ulfah Rulli Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.