PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rahman Haryadi, Iwit Prihatin, Dwi Oktaviana, Herminovita Herminovita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi menggunakan software Powtoon yang valid, praktis, dan efektif  dalam meningkatkan  kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan rancangan Borg & Gall yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, dan revisi desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Boyan Tanjung sebanyak 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon, dan tes kemampuan berpikir krtitis. Berdasarkan hasil validasi video animasi Powtoon dapat dinyatakan valid dengan persentase indeks rata-rata 92% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan berada pada kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase dari respon guru sebesar 98,67% dan dari respon siswa sebesar 93,38 %. Tingkat keefektifan berada pada kriteria cukup efektif dengan persentase sebesai 61%.

Keywords


Kemampuan berpikir kritis; Sofware Powtoon; Video animasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(4), 145-150.

Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 85-96.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, 10(1), 49-56.

Barnawi dan Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat, 2(2), 241-254.

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Belajar PowToon pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Terhadap Hasil Sosial Terpadu. Edutcehnologia, 3(2), 101-114.

Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 44-51.

Hendi, A., Caswita, & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834.

Jayadipura, Y. (2014). Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 125-130.

Kazempour, E. (2013). The Effects of Inquiry-Based Teaching on Critical Thinking of Students. Journal of Social, Issues & Humanities, 1(3), 23-27.

Kivunja, C. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21 Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. Internasional Journal of Higher Education, 4(1), 1-11.

Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Makki, B. (2012). The Impact of Integration of Instructional Systems Technology into Research and Educational Technology. Creative Education, 3(2), 275-280.

Melinda, A. V., Degeng, S. N., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada kelas V SDNU Kratonkencong. Journal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158-164.

Mirawati, N., Balkist, P. S., & Setiani, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Powtoon dan Movavi Video Editor Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 94-100.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116.

Nugroho.(2020). Pengembangan Produk Bermedia Powtoon Untuk Materi Cerita Pendek Kelas XI MIPA 2 SMA Pangudi luhur Sedayu. Tesis. Sanata Dharma University

Nurdin, dkk. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Nurdwiandari, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dan Kemampuan Diri Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1005-1014.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158.

Oktaviana, D., & Susiaty, U.D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 4(3).

Purwati. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, 7(1).

Siregar, N. P., & Andhany, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Realistics Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 11 Medan. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(1), 99-106.

Somakim. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, 14(1), 42-48.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Widiantari, N. K. M. P., Suarjana, I. M., Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahman Haryadi, Iwit Prihatin, Dwi Oktaviana, Herminovita Herminovita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.