Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Dalam Upaya Menarik Minat Terhadap Produk-Produk dan Jasa Perbankan Konvensional dan Syariah Pada Masyarakat Provinsi Jambi

Ary Dean Amri, Anitha Octaviani, Rosnaida Rosnaida, Sekar Adinda Putri, Nurita Nurita, Noviva Rita, Syahrul Gunawan, Adinda Putri Agustina

Abstract


This study aims to analyzing how big the factors of marketing strategy and service quality are in an effort to attract interest in conventional and Syariah banking products and services for the people in Jambi Province. This research method uses quantitative research methods. The object of this research is the people that lived in Jambi Province, totaling 471 respondents. Based on the results of the T test and F test variable (X1) marketing strategy factor and variable (X2) service quality factor obtained a significant value of 0.000 <0.005. So it can be concluded that the variable (X1) the marketing strategy factor and variable (X2) the service quality factor are influential in efforts to attract interest in conventional (Y1) and Syariah (Y2) banking products and services of the people in Jambi Province. Based on the results of the coefficient of determination variable (X1) marketing strategy factors and variables (X2) service quality factors influence 60.0%: 63.6% and 64.3%: 67.5% in an effort to attract interest in products and services conventional banking (Y1) and Syariah (Y2). The results of the study also show that the people in Jambi Province are more dominantly interested in products and services of Islamic banking: conventional banking by 73.1%: 43.9%. Thus the results of the study indicate that the service quality factor is more dominant in an effort to attract interest in conventional and Syariah banking products and services in the people of Jambi Province.

 


Keywords


Strategi Pemasaran, Kualitas Layanan, Minat

Full Text:

PDF

References


Afriadi, M. K. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah di bank Syariah studi masyarakat Komplek Perumahan Perudam Kel.Kandang Mas, Kec.Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Aisyah, W. (2018). Minat Masyarakat Nagasari Sungayang Menabung Dibank Syariah. Perbankan Syariah.

Ambiya, M. A., Amir, A., & Lubis, P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pensiunan PNS dalam Pengambilan Produk Dana Pensiun dada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Pensiunan PNS di Kota Jambi). Najaha Iqtishod: Journal of Islamic Economic and Finance, 1(1), 3342.

Amir, A. (2017). Ekonomi Dan Keungan Islam (EDISI REVISI). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi.

Apriliani, N. D., Bachmid, S., & Saifullah, S. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan Ib Baitullah Hasannah Pada Bank BNI Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 7595. https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.12.75-95

Astuti, D. P. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur). 106.

Atanasius Hardian Permana Yogiarto. (2015). Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah. 2(1), 165.

Azis, A. S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih bertransaksi di Bank konvensional dan Bank Syariah.

BPS, J. (2021). Jumlah angkatan kerja di Jambi pada Februari 2022 sebanyak 1,85 juta orang. Https://Jambi.Bps.Go.Id/. https://jambi.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/594/jumlah-angkatan-kerja-di-jambi-pada-februari-2022-sebanyak-1-85-juta-orang.html

Daga, R. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Britama Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Palopo.

Dasri, M. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah kredit pada PT. Bank Mandiri Mitra Usaha Palu Pasangkayu.

Dewi, cokorda I. A. K., & Sudiartha, I. G. M. (2018). Terhadap Kepuasan Nasabah Pt . Bank Pembangunan Daerah Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 45394569. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i08.p18%0AISSN:

Dewi, R. K. (2018). ANALISIS KOMPARATIF FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA FEBI IAIN BUKITTINGGI DI PERBANKAN SYARIAH.

Dwiantoro, R. Z., Haryono, H., & Imamah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di BANK JATIM KCP Driyorejo Gresik. EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 55–63. https://doi.org/10.46821/ekobis.v1i2.28

Ehsan, M. (2021). ( Studi Kasus Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo ) SKRIPSI Oleh : MUHAMAD EHSAN Pembimbing :

Enggrani Fitri, L., Lubis, P., Ridwan, M., & Isnaini, N. (2021). Sosialisasi Perbankan Syariah pada Majelis Talim di Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 3(2), 5459. https://doi.org/10.22437/jitdm.v3i2.16375

Fatriani, R. (2018). BENTUK-BENTUK PRODUK BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH DI INDONESIA.

Fijriah, N. (2021). PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Metro). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4433/1/Skripsi Nuril Fijri - Nuril Fijri.pdf

FITRIANI, L., & AINI, A. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGANKU (Studi di Bank Muamalat Indonesia Cabang Serang). ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 121. https://doi.org/10.32678/ijei.v5i1.4

Handida, R. D., & Sholeh, M. (2019). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 8490. https://doi.org/10.21831/jep.v15i2.23743

Kususmastuti, R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah di BRI Syariah Ponorogo.

Majid, A. A. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus : Pada Masyarakat Nagari Kapalo Hilalang ,Kecamatan 2x11 Kayutanam , Kabupaten Padang Pariaman ) SKRIPSI.

Mangkunegara, A. (2002). Perilaku Konsunen. Refika.

Mukhlisin. (2006). Hubungan strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan pada Bank Muamalat Indonesia cabang Cirebon.

Nasrum, R. (2019). Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu (Studi Komparatif). 1. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2782/1/RISMAYANTI NASRUM.pdf

Nasution, H. F. (2008). Analisis pengaruh promosi dan komunikasi terhadap keputusan nasabah untuk menabung di Bank Syariah Mandiri cabang Tebing Tinggi.

Noor, F. V. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu) SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Syariah (S.E) OLEH : F.

OJK. (2017a). Bank Umum. Https://Www.Ojk.Go.Id/. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/pages/Bank-Umum.aspx

OJK. (2017b). Perbankan Syariah dan Kelembagaannya. Https://Www.Ojk.Go.Id/. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/PBS-dan-kelembagaan.aspx

OJK. (2017c). Sejarah Perbankan Syariah. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Sejarah-Perbankan-Syariah.aspx

Perdana, K., Hamzah, E., & Lubis, P. (2020). Pengaruh Tingkat Inflasi , Suku Bunga BI , dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pembiyaan Murabahah pada Bank Syariah di Indonesia ( Periode Januari 2013 Desember 2017 ). Journal Najaha Iqtishod, 1(1), 19. https://online-journal.unja.ac.id/JIEF/article/view/11511

Quodarsi, D. (2011). Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran dan Komunikasi Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung di BMT. 107.

Rohaeni, S. (2010). Pengaruh penerapan strategi pemasaran terhadap minat masyarakat untuk Bank Syariah (Penelitian pada nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Cirebon).

Rohmadi, Nurbaiti, J. (n.d.). Analisis penentu nasabah dalam memilih jasa Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional Di Kota Bengkulu. 2016.

Sirait, S., & Sinaga, K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Pada Perbankan Di Pematangsiantar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 3(1), 248. https://doi.org/10.37600/ekbi.v3i1.126

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian.

Suhasto, R. I. N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kedekatan emosional terhadap loyalitas nasabah.

Taslim. (2018). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI BANK BNI SYARIAH KCP WONOMULYO.

Wahab, A. A. (2007). Metode Dan Model-Model Mengajar Imu Pengetahuan Sosial (IPS). CV Alfabeta.

Wishman Siregar, B. (2017). Modul 4 - Bank & Lembaga Keuangan. International Golden Institute. https://stie-igi.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/WISHMAN-SIREGAR-MODUL-4-BANK-LEMBAGA-KEUANGAN-SENIN-6-April-2020.pdf

Zain, I. (2020). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Deepublish.

Zakiah, R. (2018). Analisis perbandingan minat menabung pada produk tabungan antara Bank Syariah dan Bank Konvensional Studi pada mahasiswa Pbs semester 7 Febi IAIN Bengkulu.

Zardila, R. (2019). PENGARUH PROMOSI PRODUK DAN PELAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH TAHUN 2014-2018) Disusun Oleh: RIKA ZARDILA NIM. 140602138 PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOM.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v8i2.15681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ary Dean Amri, Anitha Octaviani, Rosnaida Rosnaida, Sekar Adinda Putri, Nurita Nurita, Noviva Rita, Syahrul Gunawan, Adinda Putri Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/