Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Ekspresi Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2018-2021
Abstract
This study aims to explain the variables of profitability and liquidity on the expression of Islamic social reporting at Islamic commercial banks in Indonesia for the period 2018 to 2021. The population in this study is Islamic banking in Indonesia registered with the Financial Services Authority (OJK) for the period 2018 – 2021. Data used in this study is panel data from 9 selected Islamic banks, with a total sample of 36. Profitability has a negative and significant effect on ISR expression. Which means that the greater the profitability in Islamic banks, the narrower the ISR disclosure will be made. Meanwhile, liquidity has a negative effect on ISR expression. , which means that when liquidity is high, it will also be narrower in the ISR disclosures made. So it can be concluded that Islamic banking in Indonesia needs to pay attention to ISR expressions that are carried out in order to also trust the community.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan variabel profitabilitas dan likuiditas pada ekspresi pelaporan sosial Islam pada bank umum syariah di Indonesia periode 2018 hingga 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). periode 2018 – 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dari 9 bank syariah terpilih, dengan jumlah sampel 36. Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspresi ISR. Artinya semakin besar profitabilitas pada bank syariah maka pengungkapan ISR akan semakin sempit. Sedangkan likuiditas berpengaruh negatif terhadap ekspresi ISR. , artinya ketika likuiditas tinggi, maka pengungkapan ISR yang dilakukan juga akan semakin sempit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbankan syariah di Indonesia perlu memperhatikan ekspresi ISR yang dilakukan agar juga dapat dipercaya oleh masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nadlifiyah, N. F., & Laila, N. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan Terhadap Pengungkapan ISR Bank Umum Syariah Tahun 2010-2014. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 4(1), 44.
Vionita, V., Kurnia, K., & Pratama, F. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Investment Account Holder terhadap Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (Studi kasus pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2016-2019). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(02), 193-212.
Widarjono, A (2013). Ekonometrika: Pengantar dan Aplikasinya disertai Panduan Eviews (4thed). UPP STIM YKPN.
Prasetyoningrum, A. K. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 147-162.
Putri, R. K. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2012-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4(1), 558-571.
Othman, R.., A. Md. Thani., E.K., & Ghani. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah Approved Companies in Bursa Malaysia, Research Journal of International Studies, 12, 4-20.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v8i2.15397
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Izzun Khoirun Nissa, Baehaqi Baehaqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.