Persepsi Siswa Terhadap Karakteristik Guru BK Sebagai Pemimpin dalam Konseling Kelompok

Nurhayati Nurhayati, Rasimin Rasimin, Affan Yusra

Abstract


Tujuan: Untuk melihat profil besaran persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang mampu membentuk para anggota kelompok dalam konseling kelompok. Melihat profil besaran persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang memiliki wawasan dalam aktivitas konseling kelompok. Melihat profil besaran persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang memiliki keterampilan dalam aktivitas konseling kelompok . Melihat profil besaran persepsi siswa terhadap pemimpin kelompok yang mampu memiliki kemampuan membangun hubungan antar-personal dalam konseling kelompok di SMPN Kota Jambi.

Metode: Menggunakan data kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian sebanyak 105, menggunakan teknik Purposive Sampling. penelitian ini menggunakan angket, kemudian dianalisis menggunakan persentase (%).

Hasil: Hasil penelitian mengenai persepsi siswa terhadap karakteristik guru BK sebagai pemimpin dalam konseling kelompok di SMPN Kota Jambi yang diperoleh dengan persentase 74%berada pada penerimaan “Baik ”. Hasil penelitian membuktikan pandangan Winkel & Hastuti (2013) Keberhasilan konseling kelompok terdapat pada pemimpin kelompok bagaimana pemimpin kelompok membawa suasana yang diinginkan oleh para anggota kelompok.

Kesimpulan: didapatkan bahwa kecenderungan persepsi siswa terhadap karakteristik guru BK sebagai pemimpin dalam layanan konseling kelompok di SMPN Kota Jambi berada pada penerimaan Baik dengan persentase 74%.

Implikasi: guru BK dapat mngembangkan terus menerus karakteristiknya melalui pendidikan dan pelatihan, sehingga guru BK mampu memahami dirinya sendiri, mampu membantu menyelesaikan masalah siswa sesuai dengan harkat martabat manusia.

Keywords


Karakteristik pemimpin kelompok; Konseling kelompok;

Full Text:

PDF

References


Alizamar, & Couto, N. (2018). Psikologi Persepsi & Desain Informasi (1st ed.). Media Akademi.

Amronah. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi. Jurnal Psikopedagogia, 3(2), 108–115.

Anderson, M. L., Sylvan, A. L., & Sheets, R. L. (2013). Experiential Group Training : An Exploration of Student Perceptions. Jurnal Vitas, 36.

Arifin, H. S. (2017). Syariah Di Kota Serang Factor Analysis That Effect University Student Perception In Untirta About Existence Of Region Regulation In Serang City. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Ipini Publik, 21(1), 88-1–2.

Brown, N. w. (1994). Group Counseling for Elementary Children.

Busmayaril, H. (2016). Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat. Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 03(1), 11–18.

Corey, G. (2012). Theory & Practice of Group Counseling. Brooks/Cole.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Hafid, M., & Hasanah, U. (2016). persepsi lingkungan kerja psikologis terhadap kepuasan kerja. Journal An-Nafs, 1(2), 269–290.

Ma, S. (2017). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengubah Persepsi Negatif Terhadap BK Pada Siswa Kelas VII Semester 2 Tahun Pelajaran 2015 / 2016 di MTs Negeri III Surabaya Abstrak. Helper, 34(2), 33–46.

prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil (Layanan dan Kegiatan Pendukung) (1st ed.). RajaGrafindo Persada.

Prayitno, Afdal, Ifdil, & Zadrin. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling yang Berhasil (Y. Sartika (ed.); 1st ed.). Ghalia Indonesia.

Punts, W. eko. (2012). Teknik Penyusun Instrumen (H. El Jaid (ed.); 1st ed.).

Rasimin, & Handi, M. (2017). Bimbingan dan Konseling Kelompok (F. S. Bunga (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

S, R., Jahada, & Arifyanto, A. T. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kendari Oleh: Bening, 3(2), 35–44.

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal BimbinganDan Konseling, 4(2), 33–41.https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624

Sarmiati, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal Elva Ronaning ( elva R. Roem (ed.); 1st ed.). CV IRDH.

Sudarsono, A., & Suharsono, Y. (2016). Hubungan Persepsi Terhadap Kesehatan Dengan Kesadaran (Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah Di Indonesia Medika Andi. Ilmiah Psikologi Terapan, 04(01), 31–52.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian kualitatif yang pernah asn R&D. Alfabeta.

Sutanti, T. (2015). Pelaksnaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. Konseling Gusjigang, 1(1), 1–16.

Sutja, A., Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan Konseling (Emosda (ed.); 1st ed.). Wahana Resolusi.

Wibowo, M. E. (2019). Konseling Kelompok Perkembangan. In S. R. Ramadhoni & eddy A. Cahyani (Eds.), Revisi (revisi, p. 852). Unnes Press.

Winkel, W. . & S. H. (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan (9th ed.). media abadi.

Yuan, C., Pan, P. J. D., & Lin, C. W. (2004). Members ’ Perceptions Of Leader Behaviors , Group Experiences , And Therapeutic. Small Group Research, 35(2), 174–195. https://doi.org/10.1177/1046496403260

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2021. Karakteristik https://kbbi.web.id/karakteristik. Diakses pada 30 September 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v9i1.11520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhayati Nurhayati, Rasimin Rasimin, Affan Yusra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :


Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat