Frequently Asked Questions (FAQ) Consilium

FAQ 1

Masih ada slot apa tidak ?

Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan tidak memberlakukan sistem SLOT. Semua berdasarkan proses naskah yang masuk. Naskah yang sudah selesai review dan memenuhi kriteria tim editor dan reviewer yang lebih dulu yang akan dipublikasikan. Kami menerima submisi sepanjang tahun, sehari 24 jam.

FAQ 2

Biasanya berapa lama proses review hingga diterimanya paper tersebut?

Jika Paper sudah disubmit ke sitem OJS Consilium, maka proses pemeriksaan menurut antrian yang berada di OJS. Pengelola Jurnal PASTI akan memberikan informasi melalui email penulis tentang status Paper tersebut jika sudah sampai pada antrian penulis. Karena banyaknya paper yang masuk, maka proses informasi ke penulis 1 sd sd 6 Bulan. Pastikan mengisi Nomor HP pada profil, agar mudah dihubungi jika ada kendala pada sistem mailing OJS.

FAQ 3

Apakah bisa minta Letter of Acceptence (LoA) duluan?

Tidak bisa. LoA hanya diberikan ketika naskah dinyatakan sudah diterima dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh editor dan reviewer untuk dipublikasikan.

FAQ 4

Bagaimana cara mendapatkan Letter of Acceptence (LoA)

caranya adalah dengan mengirimkan artikel, dan artikel sudah melalui proses Review, kemudian dinyatakan ACCEPTED oleh EDITOR. Karena ini sistemnya sudah online maka jika EDITOR sudah merubah status menjadi ACCEPTED, maka di Akun Penulis juga Sudah berubah menjadi ACCEPTED, dalam versi online sama dengan LoA (tinggal dicapture saja). Jika Penulis menginginkan LoA tertulis maka akan diberikan oleh Pengelola Jurnal (optional).

FAQ 5

Kapan bisa terbit?

Selah melalui proses bisnis dan artikel sudah dinyatakan lolos kualifikasi. Artikel yang terbit terlebih dahulu adalah artikel yang sudah selesai revisi, lolos cek plagiasi, dan melengkapi administrasi.

FAQ 6

Judul artikel “XXX” bisa masuk atau tidak?

Cek focus and scope jurnal kami di http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/consilium/about/editorialPolicies#focusAndScope

FAQ 7

Surat pernyataannya seperti apa?

Download statement letter di OJS kami (pada sisi kanan).

FAQ 8

Upload surat pernyataannya dimana?

Ada pada bagian supplementary fileLog in ke OJS Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan lalu klik 1 active (angka bergantung pada jumlah artikel yang berproses di jurnal kami) lalu klik judulnya dan klik tab review. Upload supplementary file di situ.

FAQ 9

Setelah upload artikel langkah selanjutnya bagaimana?

Tunggu proses revisi dengan terus memantau web OJS kami.

FAQ 10

Bagaimana cara melakukan upload naskah revisian?

Log in ke OJS Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan lalu klik 1 active (angka bergantung pada jumlah artikel yang berproses di jurnal kami) lalu klik judulnya dan klik tab review. Scroll ke bawah dan upload pada bagian author version.

FAQ 11

Berapa lama waktu yang diberikan untuk merevisi naskah?

Dua (2) bulan. Jika setelah 2 bulan keterangan revision required tidak dipenuhi, maka artikel di-reject.

FAQ 12

Apakah ada "jalur cepat" bagi saya yang akan menempuh ujian atau membuat laporan, dengan kata lain membutuhkan LOA untuk syarat kelulusan, laporan penelitian dan semacamnya?

Tidak ada. Jika ingin lulus tepat waktu dan menyelesaikan luaran penelitian sesuai yang dijanjikan, maka menulislah sebaik mungkin dan lakukan revisi sesegera mungkin, hindari plagiasi dengan parafrase untuk menghemat waktu.

FAQ 13

Bagaimanakah proporsi naskah yang diharapkan?

Isi naskah terdiri dari:

Pendahuluan (15-20%) atau 1,5 s.d. 2 halaman dari total naskah;

Metode (5-10%) atau 0,5 s.d. 1 halaman dari total naskah;

Hasil dan Pembahasan (60-70%) atau 6 s.d. 7 halaman dari total naskah;

Kesimpulan (5-10%) atau 0,5 s.d. 1 halaman dari total naskah.

Referensi : Minimal 35 sumber

 

Selamat menulis!

---
FAQ akan kami update sesuai dengan perkembangan masalah penerbitan jurnal ilmiah di CONSILIUM: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan. Terima kasih telah membaca.

(Tim Manajemen CONSILIUM: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan)