HUBUNGAN ANTARA BUDAYA SEKOLAH DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Adelina Yuristia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara budaya sekolah dengan kepuasan kerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 22 Tembung Kec. Medan Tembung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari s/d Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru di MAS Al-Washliyah 22 Tembung Kec. Medan Tembung dengan jumlah populasi 24 orang, adapun sampel penelitian yang digunakan sebanyak 24 orang, yang dilakukan dengan tekhnik total sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk memperoleh data, yaitu angket budaya sekolah sebanyak 25 butir pertanyaan dan angket kepuasan kerja guru sebanyak 25 butir pertanyaan, bentuk yang digunakan adalah bentuk kuesioner pilihan yang terlebih dahulu diuji analisis data yang diperoleh kedua variabel berdistribusi normal dan data tersebut homongen.Hasil analisis data menunjukkan bahwa budaya sekolah di MAS Al- Washliyah 22 Tembung termasuk dalam kategori sangat kuat dengan nilai rata-rata 99,62, kepuasan kerja guru di MAS Al-Jami’yatul Washliyah Tembung dalam kategori sangat kuat dengan nilai rata-rata 91,62. Selanjutnya budaya sekolah mempunyai hubungan yang sangat kuat/tinggi dengan kepuasan kerja guru yang dibuktikan dengan besarnya hasil perhitungan korelasi antara variabel budaya sekolah dengan variabelkepuasan kerja guru yaitu 0,436 dengan taraf signifikan 13,8.Untuk itu perlunya budaya sekolah terhadap guru-guru agar meningkatkan kepuasan kerja guru, sehingga segala tugas-tugas yang diberikan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam menjalani tugasnya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i2.1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Benchmarking

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: