PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI MIN PARINGGONAN KECAMATAN ULU BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS

syukron wahyu syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru di MIN Paringgonan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan Model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru, siswa-siswi,dokumen-dokumen yang ada disekolah, dan data yang membahas masalah penelitian. Temuan penelitian ini adalah (1) Peran Kepala Sekolah di MIN Paringgonan, dalam hal ini kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja dan wirausahawan. (2) kualitas guru di MIN Paringgonan , yaitu kualitas guru di MIN Paringgonan sudah baik, karena guru guru di sekolah ini telah banyak yang sertifikasi. (3) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di MIN Paringgonan lebih memposisikan dirinya sebagai manajer, yaitu mengadakan KKG. DDTK, MGMP( musyawarah guru mata pelajaran), Bimtek K-13, dan pelatihan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i2.1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Benchmarking

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: