KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 KOTANOPAN

Ramayan Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Kotanopan, 2) Kinerja guru di SMP Negeri 1 Kotanopan, 3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Kotanopan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan yaitu: Kepala sekolah, guru, dan siswa untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi diperoleh hasil bahwa kepala sekolah selalu memberdayakan sumber daya manusia dalam pengambilan keputusan. Kinerja guru di SMP Negeri 1 Kotanopan sudah cukup baik, dimana dalam proses belajar mengajar guru sudah mengikuti standar pendidikan yaitu KTSP. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan melakukan pengawasan dan pengendalian, mengikut sertakan para guru dalam pelatihan-pelatihan dan kepala sekolah juga memberikan penghargaan kepada guru, penghargaan yang diberikan kepala sekolah tidak berupa materi akan tetapi berupa dukungan mental dan pujian untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i1.1113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Benchmarking

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: