HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS PONDOK PESANTREN MAWARIDUSSALAM BATANG KUIS DELI SERDANG

Nanang Ferioko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam, (2) Untuk mengetahui seberapa besar kinerja guru di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam, (3) Untuk mengetahui Hubungan yang signifikan dari kepemimpinan kepala madrasah di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam. Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di Pondok Pesantren Mawaridussalam, yang berjumlah 34 orang guru.Sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian total populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yang disusun berdasarkan skala likert. Selanjutnya untuk menganalisis data ini dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, terutama untuk mendeskripsikan variabel penelitian, sedangkan untuk mengetahui derajat hubungan kedua variabel digunakan uji koefisien korelasi product moment (rxy) dan untuk menguji keberartian signifikan hubungan digunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru di MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,788, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakin 11,726 ≥ 2,042. Kontribusi kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 62,09% sedangkan sisanya sebesar 37,91% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i1.1111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Benchmarking

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: