EFEKTIVITAS PRISMA LEKER WAIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Arinatul Aniza, Tri Novita Irawati, Sholahudin Al-Ayubi

Abstract


Abstrak:

Pembelajaran berbasis online memiliki kendala yaitu siswa mengalami kesulitan belajar secara mandiri, salah satunya menunjukkan hasil belajar matematika yang tergolong rendah. Berpandangan pada kondisi tersebut memunculkan ide bagaimana cara mengajar matematika yang mudah dipahami siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas PRISMA LEKER WAIZ terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi beberapa tahapan diantaranya yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji . Hasil penelitian menunjukkan bahwa PRISMA LEKER WAIZ efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan kata lain, PRISMA LEKER WAIZ dalam penelitian ini layak digunakan di masa pandemi karena media ini sudah dikembangkan sebelum penelitian, memiliki isi yang menarik (dilengkapi beragam bentuk latihan soal, kunci jawaban, desain menarik dan ringkasan materi), mudah diakses dalam pembelajaran online dan mudah dipahami siswa yaitu bisa mengerjakan soal matematika dengan baik menggunakan media ini.

 

Kata Kunci:

PRISMA LEKER WAIZ, Hasil Belajar

 

Abstract:

Online-based learning has problems, namely students have difficulty learning independently, one of which shows low mathematics learning outcomes. Looking at these conditions led to the idea of how to teach mathematics that is easy for students to understand. The purpose of this study was to determine the effectiveness of PRISMA LEKER WAIZ on students' mathematics learning outcomes. This type of research is an associative research with a quantitative approach. The research design used was one group pretest posttest design. Data collection techniques used in the form of tests and documentation. The data analysis technique includes several stages including: validity test, reliability test, normality test and t test. The results showed that PRISMA LEKER WAIZ was effective on students' mathematics learning outcomes. In other words, PRISMA LEKER WAIZ in this study is suitable for use during the pandemic because this media was developed prior to the research, has interesting content (equipped with various forms of practice questions, answer keys, attractive designs and material summaries), is easily accessible in online learning and It is easy for students to understand, that is, they can do math problems well using this media.

 

Keywords:

PRISMA LEKER WAIZ, Learning Outcomes


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisyanah, N., and Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Peluang SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33–44.

Aniza, A., and Siskawati, F. S. (2020). Pengembangan “PRISMA LEKER WAIZ” Sebagai Bahan Ajar di Masa Pandemi. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 68–75.

Barlenti, I., Hasan, M., and Mahidin, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 81–86.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Irawati, T. N. (2016). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa SMP. Jember: Universitas Jember.

Isrok’atun, I., and Rosmala, A. (2019). Model-model pembelajaran matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Kustandi, C., and Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kusuma, J. W., and Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 97–106. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Rahmawati, I. (2016). Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan pengembangan pendidikan jarak jauh berbasis digital class platform edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII UT, 9. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 411–419.

Sani, R. A. (2019). Strategi belajar mengajar. Depok: Rajagrafindo Persad.

Shadiq, F. (2018). Pembelajaran Matematika : Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Bandung: Graha Ilmu.

Sidiq, R. (2019). Pemanfaatan Whatsapp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila pada Era Disrupsi. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 145–154.

Siskawati, F. S. (2018). Pengembangan “PAKSOBRI” dengan Quiz Faber Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer di Universitas Islam Jember. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 26–37.

Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Trihendradi, C. (2013). Langkah Mudah Menguasai SPSS 21. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, J. (2018). Pemanfaatan aplikasi Daring Proprofs Quiz Maker untuk mengembangkan kegiatan apersepsi pembelajaran matematika topik trigonometri kelas X IPA SMA Marsudirini Sedes Sapientiae Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sanata Dharma University.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., and Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 51–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i2.9087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

                      

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.