ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA

Devi Andayani, Ainil Mardiyah, Mulia Suryani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan akademik. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal tes limit fungsi aljabar, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan fakta sebesar 0%; kesalahan konsep sebesar 25%; kesalahan prinsip sebesar 25%; dan kesalahan prosedural sebesar 50%, siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan fakta sebesar 42,86%; kesalahan konsep sebesar 42,86%; kesalahan prinsip sebesar 85,71%; kesalahan prosedural 28,57%, dan siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan fakta sebesar 18,18%; kesalahan konsep sebesar 72,73%; kesalahan prinsip sebesar 72,73%; kesalahan prosedural sebesar 29,22%. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah kurangnya ketelitian dalam menjawab soal, kurangnya pemahaman siswa tentang konsep penyelesaian limit fungsi aljabar, serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengoperasikan bentuk aljabar.

Abstract

This study aims to see students' mistakes in solving math problems based on academic ability. The subjects in the study include students of class XI (the ninth grade) of IPA SMA PGRI 2 Padang. This is a descriptive study with a quantitative approach. The data collection techniques used were tests, interviews, and documentation, while the instruments used were algebraic function limit tests, interview guidelines, and documentation. The results of this study indicate that: high-ability students made factual errors by 0%; concept errors by 25%; principal errors by 25%; and procedural errors by 50%, moderately capable students made a factual error of 42.86%; concept error of 42.86%; principle error of 85.71%; procedural errors were 28.57%, and students with low ability made factual errors of 18.18%; concept error of 72.73%; principle error of 72.73%; procedural error of 29.22%. The causes of students making mistakes are the lack of accuracy in answering questions, the lack of understanding of the concept to solve algebraic functions, and the lack of students' ability to operate algebraic forms.


Keywords


Analisis kesalahan; Kemampuan akademik; Limit fungsi aljabar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, Y. P., & Kartini. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Kota Bangkinang. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210–223.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Budi, B. S., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Newman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Dan Scaffolding-nya. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 69–78.

Fausan, Sugita, G., & Sukayasa. (2019). Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Jenis Kelamin di SMA Negeri 7 Palu. AKSIOMA, 8(2).

Hidayat, B. R. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Universitas Sebelas Maret.

Kulsum, S. I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4).

Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Barat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Marsandhita, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Bentuk Cerita Ditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meldawati, & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 1–14.

Nilasari, T. F., Hobri, & Lestari, N. D. S. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Watson Dalam Menyelesaikan Soal-soal Himpunan Di Kelas VII D SMP Negeri 11 Jember.

Nurianti, E., Halini, & Romal. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas VIII SMP.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65.

Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1).

Sulistiyanto, A. D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sanata Dharma.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Ksalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 19(2), 123–130.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45.

Suryana, Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sandawan, M. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2).

Ulifa, S. N., & Effendy, D. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123–133.

Wahbi, A., & Bey, A. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Ditinjau Dari Objek Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 KENDARI. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 17–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i1.9066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Devi Andayani, Ainil Mardiyah, Mulia Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.