PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA SEMESTER III IAIN TAKENGON

Bettri Yustinaningrum

Abstract


Abstrak:

            Pembelajaran daring agar dapat berhasil diperlukan adanya ketertarikan mahasiswa yang tinggi dalam belajar matematika. Ketertarikan yang tinggi terhadap pembelajaran matematika disebut dengan disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disposisi matematis terhadap prestasi belajar e-learning mahasiswa Tadris Matematika (TMA) Semester III IAIN Takengon. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa TMA IAIN Takengon. Sample dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa TMA semester III. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non tes. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan pengujian regresi diketahui nilai sig = 0,003 < 0,05 yang berarti bahwa disposisi matematis memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar e-learning. Selain itu diperoleh nilai R square = 0,848 menunjukan bahwa variabel disposisi matematis mempengaruhi variabel prestasi belajar e-learning sebesar 84,8% dan sebesar 16, 4% variabel prestasi belajar e-learning dipengaruhi faktor diluar disposisi matematis. Besarnya koefisien korelasi (R) adalah 0,921 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara disposisi matematis dengan prestasi belajar e-learning. Model regresinya adalah Y = -41,300 + 1,158 X. Hal ini menunjukkan bahwa disposisi matematis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar e-learning mahasiswa.

 

Kata Kunci:

Disposisi Matematis, Prestasi Belajar, E-Learning

 

Abstract:

Learning online in order to be successful requires high student interest in learning mathematics. High interest in learning mathematics is called a mathematical disposition. This study aims to determine whether there is an effect of mathematical disposition on e-learning learning achievement of Mathematics Tadris (TMA) III Semester students at IAIN Takengon. The population in this study were students of TMA IAIN Takengon. Samples were selected by purposive sampling technique and selected third semester TMA students. The approach used is a quantitative approach with the type of correlation research. The research instrument used tests and non-tests. This study was analyzed using the normality test, linearity test, heteroscedasticity test, and simple linear regression test. Based on regression testing, it is known that the value of sig = 0.003 <0.05, which means that mathematical disposition has a significant effect on e-learning achievement. In addition, the value of R square = 0.848 shows that the mathematical disposition variable affects the e-learning learning achievement variable by 84.8% and 16.4%, the e-learning learning achievement variable is influenced by factors outside of mathematical disposition. The magnitude of the correlation coefficient (R) is 0.921, which means that there is a strong relationship between mathematical disposition and e-learning achievement. The regression model is Y = -41,300 + X 1,158. This shows that mathematical disposition has a significant effect on student e-learning achievement.

 

Keywords:

Mathematical Disposition, Learning Achievement, E-Learning


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Annajmi. (2018). Kontribusi disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas viii smpn 3 Tambusai. Jurnal Edumatica, 8(1), 1-8.

Hakim, R, A. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle sebagai media pengelolaan pembelajaran. Jurnal Kodifikasia, 12(2), 167-183.

Kamarga, Hanny. (2002). Belajar sejarah melalui e-learning; Alternatif mengakses sumber informasi kesejarahan. Jakarta: Inti Media.

Katz, L. G. (1993). Disposition: Definition and implications for early childhood practices. Perspective from ERIC/EECE: A Monograph Series No.4. Catalog No. 211.

Kilpatrick, J. Swafford, J. & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kusmana, Ade.(2011). E-learning dalam pembelajaran. Jurnal LENTERA PENDIDIKAN, 14(1), 35-51.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan asosiasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan UNY, 17 April 2010. Yogyakarta: FMIPA UNY

Mason, Robin & Rennie, F. (2010). E-learning: Panduan lengkap memahami dunia digital dan internet, trans, 1st ed. Yogyakarta: Baca

Mayratih, G. E., Leton, S. I. & Uskono, V. I. (2019). Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal ASIMTOT, 1(1), 41-49.

Mulyana, E. (2009). Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan pemahaman dan disposisi matematis siswa SMA program IPA. Disertasi, tidak dipublikasikan. UPI.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, VA: Authur.

NCTM. (2003). Standards for secondary mathematics teachers. [Online]. Tersedia: http://www.ncate.org.

Prakoso, Setiyo. (2005). Membangun e-learning dengan moodle. Jakarta: Andi Opsett.

Rosenberg Mark J. (2001). E-learning strategies for delivering knowledge in the digital. New York: McGraw Hill.

Sukestiyarno. (2011). Olah data penelitian berbantuan spss. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sumarmo, U. (2003). Daya dan disposisi matematik: Apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan pada siswa sekolah dasar dan menengah. Makalah disajikan pada seminar sehari di Jurusan Matematika ITB.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan karakter serta pengembangan berpikir dan disposisi matematik dalam pembelajaran matematika. Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika, 25 Februari 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bettri Yustinaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.