ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PELUANG EMPIRIK DAN TEORETIK PADA SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN SIAK

Fitria Angela, Kartini Kartini

Abstract


Abstrak:

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang empirik dan teoretik pada kelas VIII SMP Nur Hidayah di Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dari kelas VIII SMP Nur Hidayah di Kabupaten Siak tahun ajaran 2019/2020 sebanyak sebelas siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal cerita materi peluang empirik dan teoretik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang empirik dan teoretik: (1) Kesalahan dalam membaca soal sebesar 15,15%; (2) Kesalahan dalam memahami makna soal sebesar 12,12%; (3) Kesalahan dalam memilih transformasi sebesar 12,12%; (4) Kesalahan dalam proses pengerjaan 1,52%; (5) Kesalahan dalam penulisan jawaban akhir sebesar 1,52%.

 

Kata Kunci:

Analisis, Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Peluang Empirik dan Teoretik

 

Abstract:

This study aims to describe the errors of students in completing questions about the material empirical and theoretical opportunities in class VIII Nur Hidayah Islamic Middle School Siak. This type of research is descriptive qualitative. The subjects of this study were drawn from class VIII of Nur Hidayah Siak Middle School in the 2019/2020 school year as many as eleven students. Data collection methods used in this study were test questions about the material empirical and theoretical opportunities. The results of this study show that the mistakes made by students in solving empirical and theoretical opportunity material story problems: (1) Errors in reading questions by 15.15%; (2) Error in understanding the meaning of the questions is 12.12%; (3) Errors in choosing transformation of 12.12%; (4) Error in the process of 1.52%; (5) Error in writing the final answer is 1.52%.

 

Keywords:

Analysis, Student Mistakes, Story Questions, Empirical and Theoretical Opportunities


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Booth, J., Barbieri, C., Eyer, F. & Paré-Blagoev, E. (2014). Persistent and pernicious errors in algebraic problem solving. Journal of Problem Solving, 7, 10-23.

Darminto, B.P. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan non-linear berdasarkan teori newman. Jurnal Prosiding Sendika, 5(1), 1-5.

Hidayatul, Laeli. (2017). Deskripsi kesalahan siswa kelas vii smp n 3 Kebasen dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kurnia, L. & Yuspriati, D.N. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarkan analisis newman. Jurnal Matematics Paedagogic, 6(2), 116-125.

Manibuy, R., Mardiyana, M., & Saputro, D.R.S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas x sma negeri 1 plus di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933-945.

Mulyani, M. & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1-16.

Pratama, E.A. & Ariyanto, A. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar pada siswa kelas x smk muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajar 2017/2018. Prosiding, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2018. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rokhimah, S. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial kelas vii berdasarkan prosedur newman. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sari, L.N.I., Ferdiani, R.D., & Yuwono, T. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(3), 99-106.

Sutisna. (2010). Analisis kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas iv mi yapia parung Bogor. Skripsi. tidak dipublikasikan. UIN Syarif Hidayatulla Bogor.

Wibowo, Asmita Ratih. (2013). Pengaruh metode role play terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Tesis, tidak dipublikasikan. UIN Jakarta.

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11, 555-584.

Wilda Mahmudah. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe hots berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

                      

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.