ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP

Ratih Mauliandri, Kartini Kartini

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa menurut Kastolan dalam menyelesaikan soal matematika berupa operasi bentuk aljabar. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Bengkalis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes tertulis yang disusun dalam bentuk uraian (essay examination) sebanyak 13 butir soal. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: 1) mengoreksi hasil jawaban siswa; 2) mengindentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam menjawab soal berdasarkan jenis kesalahan Kastolan; 3) menghitung persentase kesalahan pada tiap butir soal untuk setiap jenis kesalahan; 4) hasil persentase dikategorikan berdasarkan persentase kesalahan; 5) data yang telah dihitung akan di analisis secara deskriptif dengan menafsirkan hasil perhitungan persentase kesalahan siswa; 6) membuat kesimpulan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hal-hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika operasi bentuk aljabar. Dari hasil analisis kesalahan siswa, diperoleh persentase kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan jenis kesalahan Kastolan secara keseluruhan, yaitu: 1) kesalahan konseptual sebesar 23.8%; 2) kesalahan prosedural sebesar 35.8%; 3) kesalahan teknik sebesar 40.4%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat disebabkan oleh dua macam faktor, yaitu faktor dari dalam diri siswa maupun faktor dari luar diri siswa.

 

Kata Kunci:

Jenis Kesalahan Kastolan, Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural, Kesalahan Teknik, Operasi Bentuk Aljabar.

 

Abstract:

This study aims to analyze and describe the types of errors made by students according to Kastolan in solving mathematical problems operating in algebraic forms. The subjects of this study were 10 students of class VIII MTs Negeri 1 Bengkalis. Data collection techniques carried out in the form of written tests compiled in the form of essay examination as many as 13 items. Data analysis techniques were performed, namely: 1) correcting the results of student answers; 2) identifying, classifying, and analyzing any mistakes made by students in answering questions based on the type of error Kastolan; 3) calculate the percentage of errors in each item for each type of error; 4) percentage results are categorized based on the percentage of errors; 5) the calculated data will be analyzed descriptively by interpreting the results of the calculation of the percentage of student errors; 6) make conclusions. This research is a descriptive qualitative research. The things described in this study are the types of errors made by students and the factors that cause errors in solving mathematical problems in algebraic operations. From the results of the analysis of student errors, the percentage of errors made by students based on the type of Kastolan errors as a whole, namely: 1) conceptual errors of 23.8%; 2) procedural errors of 35.8%; 3) technical error of 40.4%. Factors causing the occurrence of student errors in completing mathematical problems can be caused by two kinds of factors, namely factors from within students and factors from outside students.

 

Keywords:

Types of Castor Errors, Conceptual Errors, Procedural Errors, Engineering Errors, Algebraic Form Operations.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 18-36.

Lyan, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Education Nusantara, 3(2), 59-145.

Malihatuddarojah, D., & Charitas, I. P. R. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8.

Mumu, J., Prahmana, R. C. I., & Tanujaya, B. (2017). Construction and reconstuction concept in mathematics instruction. Journal of Hanoi Math, 3(1), 77-100.

Pradipta, R. A., Sanapiah & Yuliyanti, S. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas VII SMPN 7 Mataram dalam menyelesaikan soal garis dan sudut. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79-87.

NCTM. (2000). Standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics.

Ramadhani, A. N., Yuwono, I., & Muksar, M. (2016). Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP pada materi aljabar serta proses scaffolding-nya. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 11. https://doi.org/10.24269/js.v1i1.243

Ramalisa, Y., & Syafmen, W. (2014). Analisis pengetahuan prosedural siswa tipe kepribadian sensing dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. EDUMATICA| Journal Pendidikan Matematika, 4(01), 30–36.

Sarah, S., Witri, G., & Noviana, E. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan pecahan berdasarkan tipe kesalahan nolthing kelas v se-gugus 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. JOM FKIP-UR, 6(1), 1–9.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 123–130.

Sulistyarini, D. A. (2016). Analisis kesulitan siswa SMK Citra Medika Sukoharjo dalam menyelesaikan soal bentuk akar dan alternatif pemecahannya. In Prosiding, Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta, tanggal 12 Maret 2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widdiharto, R. (2008). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan alternatif proses remedinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yanto, H. D., Kurniasih, N., & Darmono, P. B. (2014). Eksperimentasi Model pembelajaran make a match dan inside outside circle pada materi bentuk aljabar siswa kelas VIII. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 8(1), 13–18.

Yuanita, P., & Solfitri, T. (2014). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika materi pokok bangun datar segiempat pada pelaksanaan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural think pair square (TPS). Jurnal Al-Khawarizmi, 2(2), 127-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ratih Mauliandri, Kartini Kartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.