ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS IX SMPN 2 BANGKINANG KOTA

Yola Putri Anggraini, Kartini Kartini

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan tingkat kemampuan siswa ditinjau dari kesalahan konsep, prosedur, dan operasi dalam menyelesaikan soal materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa melakukan kesalahan; (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan prosedur, (3) kesalahan operasi. Faktor penyebabnya adalah kemampuan pemahaman siswa yang rendah dalam menguasai konsep, sehingga guru perlu menekankan konsep materi persamaan kuadrat terutama pada pemfaktoran. Guru hendaknya tidak hanya berfokus pada materi yang disampaikan tetapi juga fokus untuk dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang menarik yang membuat siswa berpikir lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan permasalahan yang diberikan pada soal.

 

Kata Kunci:

Kesalahan, Persamaan Kuadrat

 

Abstract:

The purpose of this study is to find out the errors of the students and analyze the factors that cause students to mistake in solving quadratic equation material. The method used in this research is descriptive qualitative. This research is located at SMPN 2 Bangkinang Kota class IX even semester 2019/2020 school year. The subjects of the study were grade IX students at SMPN 2 Bangkinang Kota by taking a sample of 10 students. The technique of collecting data using the test and interview methods. The technique of collecting data using the test and interview methods. Based on the results of data analysis it can be concluded in solving the quadratic problem students make mistakes; (1) concept errors, (2) procedural errors, (3) operation errors. The contributing factor is the ability to understand students who are low in mastering concepts, so that mastery of the concept of material is needed based on factoring. The teacher waits not only to discuss the material presented but also to focus on supporting students' interests and motivation in learning mathematics. In addition, the teacher tries to use an interesting learning model that makes students think more actively and creatively in solving problems given to the problems.

Keywords:

Error, Quadratic Equation


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amir, M. F. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa pgsd universitas muhammadiyah sidoarjo dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear. Jurnal Edukasi, 2(1),131-145.

Badaruddin, B., Kadir, K., & Mustamin, A. (2016). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung pecahan pada siswa kelas vii smp negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika,2(4),43-56.

Hamid, A. (2019). Penyusunan tes tertulis. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Imswatama, A. & Muhassanah, N. (2016). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik bidang materi garis dan lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(2),1-12.

Isrokatun, I., Nurhasanah, A., & Syahid, A. (2020). Creative problem solving dan disposisi matematis dalam situation- based learning. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Karmana, A. & Asep. (2009). Matematika asyik: Dengan metode pemodelan. Bandung: DARI Mizan.

Noor, Q. M. (2011). Analisis kesalahan siswa kelas vii smp 4 kudus dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan segiempat dengan panduan kriteria polya, Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Payadnya, P.A.A & Jayantika, G.A.N.T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Putri, S. M & Fuadiah, N. F. (2019). Identifikasi kesalahan siswa berdasarkan newman dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan kuadrat tingkat sekolah menengah pertama. Jurnal Silogisme, 1(4), 21-29.

Suhirman. (2004). Strategi sukses ujian nasional sma/ma. Yogyakarta: Andi.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun ptk. Yogyakarta: Deepublish.

Syahputra, E. (2020). Snowball throwing tingkatkan minat dan hasil belajar. Sukabumi: Haura.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

                      

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.