PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KNISLEY BERORIENTASI PADA LEVEL BERPIKIR VAN HIELE DAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF

Heru Tri Novi Rizki, Ariyadi Wijaya, Diena Frentika

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran geometri dengan pendekatan model pembelajaran matematika Knisley untuk meningkatkan level berpikir Van Hiele dan kemampuan penalaran adaptif siswa kelas VII SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran ini didasarkan pada empat tahapan model pembelajaran matematika Knisley yang terdiri dari allegorization, integrator, analysis, dan synthesis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes level berpikir Van Hiele dan tes kemampuan penalaran adaptif. Perangkat pembelajaran dikatakan baik jika memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dengan kriteria berikut 1) sangat valid menurut ahli dengan skor rerata 4,179 untuk RPP dan 4,230 untuk LKS, 2) sangat praktis menurut penilaian guru dengan skor rerata 5 untuk LKS dan RPP serta sangat praktis menurut penilaian siswa dengan skor rerata 4,538 untuk LKS, dan 3) sangat efektif berdasarkan level berpikir Van Hiele dengan banyaknya siswa pada level analisis mencapai 77% dan berdasarkan kemampuan penalaran adaptif dengan ketercapaian persentase ketuntasan 64,71%, rerata kelas 65,4 dan rerata skor 10,47 dengan kategori tinggi.

 

Kata Kunci:

Geometri, Kemampuan Penalaran Adaptif, Model Pembelajaran Matematika Knisley, Level Berpikir Van Hiele, Perangkat Pembelajaran

 

Abstract:

This study was a study of geometric instructional development with Knisley mathematics learning model approach to improved Van Hiele levels of thinking and adaptive reasoning skills of seventh’ grade Junior High School students. The development of geometric instructional based on four phases of Knisley mathematics learning model were allegorization, integrator, analysis, and synthesis. This study used ADDIE’s model. The research instrumens were validation sheets, teacher and student practicality assessment questionnaire, observation sheets for learning implementation Van Hiele levels of thinking tests and adaptive reasoning skills test. The instructional package is good if fulfilled validity, practicality, and effectiveness aspects. This study result showed that the instructional package fulfilled the following criteria: 1) very valid according to the average score of 4,179 for RPP and 4,230 for LKS, 2) very practical according to the teacher’s assessment with mean score of 5 for LKS and RPP and very practical according to the assessment of students with an average score of 4,538 for LKS, and 3) very effective based on Van Hiele levels of thinking with the number of students at the analysis level reaching 77% and based on adaptive reasoning ability with completion of a classical was 64,71%, average grade was 65,4 and average score was 10,47 with high category.

 

Keywords:

Geometric, Adaptive Reasoning Skills, Knisley Mathematics Learning Model, Van Hiele Levels Of Thinking, Instructional Package


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdussakir. (2009). Pembelajaran geometri sesuai teori Van Hiele. Madrasah, 11(1), 1-13.

Abu, M. S., & Abidin, Z. Z. (2013). Improving the levels of geometric thinking of secondary school students using geometry learning video based on Van Hiele theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 2(1), 16-22.

Aditya, Y., Mulyana, E. & Kustiawan, C. (2012). Implementasi model pembelajaran matematika knisley dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 8-16.

Alex, J. K., & Mammen, K. J. (2012). A survey of South African grade 10 learners’ geometric thinking levels in terms of the Van Hiele theory. Anthropologist, 14(2), 123-129.

Allen, M.J. & Yen, W.M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company.

Ardiansyah, Heru. (2012). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Pemberian Tugas Bentuk Superiten pada Metode Diskusi terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa SMA. Skripsi Sarjana S1 pada UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Azwar, S. (2015). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bal, A. P. (2011). Geometry thinking levels and attitudes of elementary teacher candidates. Inonu University Journal of the Faculty of Education, 12(3), 97-115.

BSNP. (2016). Panduan pemanfaatan hasil UN tahun pelajaran 2015/2016 untuk perbaikan mutu pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Buhaerah. (2011). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Gamatika, 2(1), 52-61.

Burger, W. F., & Shaughnessy, J. M. (1986). Characterizing the van Hiele levels of development in geometry. Journal for research in mathematics education, 17(1), 31-48.

Butcher, C., Davies, C., & Highton, M. (2006). Designing learning: From module outline to effective learning. New York, NY: Routledge.

Crowley, M.L. (1987). The Van Hiele model of the geometric thought. Dalam Linquist, M.M. (eds) Learning and Teaching Geometry, K-12. Virginia: The NCTM, Inc

Dedy, E., Mulyana, E., & Sudihartinih, E. (2012). Pengembangan bahan ajar kalkulus vektor berdasarkan model pembelajaran matematika knisley sebagai upaya meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa. Pythagoras, 7(1), 101-112.

Depdiknas. (2008a). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2008b). Kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Donovan, M.S & Bransford, J.D. (2005). How students learn history, mathematics, and science in the classroom. Washington, D.C.: National Academies Press

Jaya, M.S.M. & Kumaidi. (2014). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal UN matematika tahun pelajaran 2012/2013 di Kota Mataram. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(2), 181-189.

Kashdan, T.B., Rose, P., & Fincham, F.D.(2004). Curiosity and exploration: facilitating positive subjective experiences and personal growth opportunities. Journal of Personality Assesment, 82(3), 291-305.

Kemp, J.E., Morrison, G.R, & Ross, S.M. (1998). Design effective instruction. New York, NY: Macmilan College Publishing Company.

Kennedy, L.M., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guiding children’s learning of mathematics. Kendallville, Indiana: Thomson Higher Education.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Knisley, J. (2003). Four-stage model of mathematical learning.mathematics. Educator, 12(1), 1-10.

Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2ed). Upper Saddle River, New Jersey, NJ: Pearson Education, Inc.

Kurniawati, M. (2012). Upaya meningkatkan level berpikir geometrik van hiele pada siswa smp dengan menggunakan model pembelajaran matematika knisley. Skripsi UPI: Tidak Diterbitkan (Diakses dari repository UPI)

Litman, J.A., & Spielberger, C.D. (2003). Measuring epistemic curiosity and its deversive and specific components. Journal of Personality Asessment, 80(1), 75-86.

Litbang. (2010). Survei internasional PISA. Tersedia dalam http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa.

Lucas, R.I, Pulido, D., Miraflores, D., Ignacio, A., Tacay, M., & Lao, J. (2010). A study on the motivation factors in second language learning among selected freshman students. Philippines ESL Journal, 4, 3-21.

Mayberry, J. (1983). The van Hiele levels of geometric thought in undergraduate preservice teachers. Journal for research in mathematics education, 58-69.

Muijs, D. (2010). Changing classroom learning. Dalam Hargreaves, A., Lieberman, A., Fullan, M., & Hopkins, D. (2010). Second international handbook of educational change. London, NY: Springer Dordrecht Heidelberg.

Mulyana, E. (2012). Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan pemahaman dan disposisi matematika siswa sekolah menengah atas program ilmu pengetahuan alam. Artikel Jurnal Pasca UPI, 1-13.

Musa, L. A. D. (2016). Level berpikir geometri menurut teori Van Hiele berdasarkan kemampuan geometri dan perbedaan gender siswa kelas VII SMPN 8 Parepare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103-116.

Nieveen, N. (1999). Propotyping to research product quality: Design approach and tool in education an training. Dordrecht, Holland: Kluwer Academic Publisher.

Northrup, P.T. (2007). Learning objects: For instruction design and evaluation. United State: Information Science Publishing (an imprint of IGI Global).

Orlich, D.C., Harder, R.J., Callahan, R.C., Trevisan, M.S., & Brown, A.H. (2010). Teaching strategies: A guide to effective instruction (9th ed). Wadsworth: Cengage Learning.

Ostler, E. (2011). Teaching adaptive and strategic reasoning through formula derivation: beyond formal semiotics. International Journal Of Mathematics Science Education, 4(2),16–26.

Permendikbud. (2016). No 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemendikbud.

Permendiknas. (2006). No 22. Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemendiknas.

Poh & Leong (2015). Enhancing Van Hiele’s level of geometric understanding using Geometer’s Sketchpad. 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education, Cebu City, Philippines. 501-507.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013, (1-6).

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan metaphorical thinking pada materi perbandingan kelas VIII di SMPN1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15-24.

Subanindro. (2012). Pengembangan perangkat pembelajraan trigonometri berorientasikan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa SMA. Prosiding ISBN: 978-979-16353-8-7.

Sugiyarti. (2013). Pengembangan Buku siswa dengan mengacu lima fase belajar model van Hiele pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 79-84.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ural, A. (2016). Investigating 11 th grade students’ van-Hiele level 2 geometrical thinking. Journal of Humanities And Social Science, 21(12), 13-19.

Usiskin. (1982). Van Hiele levels and achievement in secondary school geometry. Lost Angeles, LA: Public Schools Mary Grace Kantowski.

Van de Walle, J.A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J.M. (2010). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally (7th ed). Boston: Allyn and Bacon.

Watkins, C., Carnell, E., Lodge, C, Wagner, P., & Whalley, C. (2000). Learning about learning. London: Routledge.

Widjajanti, D.B. (2011). Mengembangkan kecakapan matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. Yogyakarta: Prosiding Semnas UNY.

Yazdani, M.A. (2007). Correlation between students' level of understanding geometry according to the van Hieles' model and students' achievement in plane geometry. Journal of Mathematical Sciences & Mathematics Education, 2(1), 40-45.

Yin, H.S. (2003). Young children’s concept of shape: Van Hiele level geometric thinking. The Mathematics Educator, 7(2), 71-85.

Zhou, N. (2005). Four ‘pillars of learning’for the reorientation and reorganization of curriculum: Reflections and discussions. International Bureau of Education‐UNESCO.

Zuss, M. (2008). The practice of theorical curiosity. New York: Springer and Bussiness Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i1.7237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Heru Tri Novi Rizki, Ariyadi Wijaya, Diena Frentika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.