Pengaruh Strategi Promosi Asuransi Syariah Terhadap Nasabah Asuransi Jiwa Axa Pada Bank Syariah Mandiri

Raja Sakti Putra Harahap, Sukmala Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Promosi Asuransi Syariah Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menjadi Nasabah Asuransi Jiwa AXA Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Binjai. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yang terdiri dari variabel X (strategi promosi asuransi syariah) dan Y (minat masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi jiwa AXA). Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 18.0. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa strategi promosi asuransi syariah sebesar 45,1% sedangkan sisanya 54,9% dipengaruhi oleh faktor lain selain strategi promosi asuransi syariah. Jika strategi promosi asuransi syariah diabaikan maka minat masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi jiwa AXA akan tetap sbesar 5,955. Sedangkan jika nilai variabel strategi promosi asuransi syariah meningkat sebesar 1, maka akan diikuti oleh peningkatan minat masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi jiwa AXA sebesar 0,623. Hasil penelitian ini terbukti bahwa t_hitung (3,389) > t_tabel (1,68), berarti strategi promosi asuransi syariah berpengaruh minat masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi jiwa AXA. Tingkat signifikasi yaitu 0,000 0,05, sehingga diketahui bahwa variabel independen berpengaruh secara signifikan dan bersifat positif terhadap variabel dependen

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, Jakarta, PT. Karya Toha Putera Semarang, 2014.

Ali, Hasan, Asuransi Dalam Perspektif Hukum Islam, Jakarta: Kencana, 2004.

Anogara, Panji, Pengantar Bisnis (Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi), Rineka Cipta: Jakarta.

PT. Bank Syariah Mandiri, Sejarah Perusahaan, di akses pada tanggal 24 September 2020 pukul 09.39 di https://www.mandirisyariah.co.id/tentang-kami/sejarah.

PT. Bank Syariah Mandiri, Visi dan Misi Perusahaan, di akses pada tanggal 24 September 2020 pukul 09.48 di https://www.mandirisyariah.co.id/tentangkami/visi-misi.

PT. Bank Syariah Mandiri, Budaya Perusahaan, di akses pada tanggal 24 September 2020 pukul 09.52 di https://www.mandirisyariah.co.id/tentang-kami/budayaperusahaan.

PT. Bank Syariah Mandiri, Dewan Pengawas Syariah, di akses pada tanggal 24 September 2020 pukul 10.07 dari https://www.mandirisyariah.co.id/tentangkami/dewan-pengawas-syariah.

PT. Bank Syariah Mandiri, Struktur Organisasi Perusahaan, di akses pada tanggal 24 September 2020 pukul 10.09 dari https://www.mandirisyariah.co.id/tentangkami/struktur-organisasi

Fandy, Strategi Pemasaran. Edisi ke 3,Yogyakarta: Undang-Undang dasar 1945, 2008.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Universitas Diponegoro, 2013.

Gitosudarmo, Indriyo, Pengantar Bisnis, Yogyakarta: BPFE, 2003.

Iskandarwasid & Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosda, Cet. Ke-3, 2011.

Jurnal ini di akses dari http://digilib.uinsby.ac.id/349/5/Bab%202.pdf pada tanggal 23 April 2020 pukul 11.45 WIB.

Jurnal ini di akses dari http://eprints.walisongo.ac.id/7278/3/BAB%20II.pdf pada tanggal 23 April 2020 pukul 11.00 WIB.

Jurnal ini di akses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/2612/6/05410051_Bab_2.pdf pada tanggal 23 April 2020 pukul 11.20 WIB.

Jurnal ini di akses dari http://etheses.uinmataram.ac.id/231/1/Kurniati152135210.pdf pada tanggal 23 April 2020 pukul 09.00 WIB.

Jurnal ini di akses dari https://eprints.uny.ac.id/7795/3/bab%202%20- 05503241026.pdf pada tanggal 23 April 2020 pukul 12.00 WIB.

Kasmir, Kewirausahaan – Edisi Revisi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Kuncoro, Mudrajat, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 3, 2011. Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: Raja Grafindo, 2008.

Novitasari, Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Minat Nasabah dalam memilih PT. Asuransi Takaful Keluarga Palembang, 2017.

Nur Rianto, Al Arif, Pemasaran Strategik Pada Asuransi Syariah, Bekasi: Gramata Publising, 2015.

Rasyid, Sudrajat, dkk, Kewirausahaan Santri (Bimbingan Santri mandiri), Jakarta Timur: PT. Citra Yudha Alamanda Perdana, 2005.

Sari, Darmayanto, Kuliah Manajemen Pemasaran, Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011.

Sedarmayanti, dkk., Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2011.

Stainer George, dan John Minner, Manajemen Stratejik, Jakarta: Erlangga, tt. Suharno dan Yudi Sutarso, Marketing in Practice, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Suhendi, Hendi, Fiqh Muamalah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Sukurin, Pokok-pokok Psikologis Pendidikan, Yogyakarta: FIP-IKIP, 2003.

Sula, Muhammad Syakir, Asuransi Syariah, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Suliyanto, Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS, Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2011.

Syahrum dan Salim, Metodologi penelitian kuantitatif, Bandung: Cita pustaka Media, 2012.

Tantiya, Absyarina, Pengaruh Premi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh, 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i1.9445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raja Sakti Putra Harahap, Sukmala Devi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/