Prinsip Dasar Dan Aspek Filosofis Dalam Konsumsi Ekonomi Syariah
Abstract
Artikel ini membahas prinsip utama dan landasan filosofis dalam konsumsi ekonomi syariah, yang menitikberatkan pada keseimbangan antara kebutuhan material dan spiritual sesuai dengan ajaran Islam. Konsumsi dalam ekonomi syariah memiliki pendekatan yang berbeda dibandingkan ekonomi konvensional karena berorientasi pada tujuan ibadah serta mengedepankan nilai-nilai maqasid al-shariah, yaitu perlindungan terhadap agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta benda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif-analitis untuk menggali konsep kebutuhan manusia yang dikelompokkan ke dalam tiga kategori utama: dharuriyat (kebutuhan primer), hajiyat (kebutuhan sekunder), dan tahsiniyat (kebutuhan tersier). Prinsip etika konsumsi dalam ekonomi syariah mendorong pola hidup yang adil, sederhana, sesuai dengan aturan halal, serta menghindari sifat boros, dengan fokus pada kemaslahatan dan keberlanjutan. Penekanan pada konsumsi yang berkualitas dan pemenuhan kebutuhan secara seimbang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan individu dan masyarakat, sekaligus menjaga harmoni sosial dan kelestarian lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, A. (2024). Prinsip Dasar Dan Aspek Filosofis Konsumsi Dalam Ekonomi Syariah. Qonun Iqtishad EL Madani Journal, 3(2), 65–73.
Bakhri, S. (2018). MASLAHAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH SUDUT PANDANG AL-SYATIBI. TARBAWI: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 5(1).
Bambang Hermanto. (2011). Dasar Filosofis Pertumbuhan Ekonomi, Distribusi Dan Konsumsi Dalam Ekonomi Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 10(2).
Habibi, M. (2022). Teori Konsumsi, Produksi Dan Distribusi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jpsda: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(1), 88–104. Https://Doi.Org/10.30739/Jpsda.V2i1.1277
Habibullah, E. S. H. (2018). ETIKA KONSUMSI DALAM ISLAM. AD-DEENAR JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 1(1), 90–102. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0Ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Hamdi, B. (2022). Prinsip Dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah). Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 1. Https://Doi.Org/10.30595/Islamadina.V23i1.10821
Khoiri Furqon, I. (2012). Teori Konsumsi Dalam Islam. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 06(1), 1–18. Https://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Adzkiya/Article/Download/1169/998
Kurniawan, A., & Hudafi, H. (2021). Konsep Maqashid Syariah Imam Asy-Syatibi Dalam Kitab Al-Muwafaqat. Al Mabsut, 15(1), 29–38. Http://Www.Ejournal.Iaingawi.Ac.Id/Index.Php/Almabsut/Article/Download/502/237
Nengsih, D., & Auliya, S. (2020). Perspektif Al-Quran Tentang Prinsip-Prinsip Konsumsi. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(1), 45. Https://Doi.Org/10.31958/Istinarah.V2i1.2155
Nurbaeti, A. (2022). KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Azmina: Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 15–27. Https://Doi.Org/10.35194/Eeki.V2i2.2515
Permana, Y., & Nisa, F. L. (2024). KONSEP KEADILAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 5(2), 80–93.
Rangkuti, S. (2018). KONSUMSI DALAM EKONOMI ISLAM. Jurnal Bisnis Net, 1(2), 76–82.
Sahnan, M., Ismail, N., & Al-Ayyubi, S. (2023). ANALISISPRINSIPKONSUMSIISLAMTERHADAPPERILAKUKONSUMENDALAMBERBELANJAONLINESHOP. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 278–288.
Sitepu, N. I. (2017). Perilaku Konsumsi Islam Di Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(1), 91–106. Https://Doi.Org/10.24815/Jped.V2i1.6650
Takhim, M., & Purwanto, H. (2018). FILSAFAT ILMU EKONOMI ISLAM. SYARIATI : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 4(1), 106–114. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0Ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v9i2.22865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Juwita Anjelina Anjelina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.