Dimensi Pasar Domestik Komoditas Padi dan Beras (Telaah Struktur Pasar di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Adang dan Iwan Setiadjie. 2008. Analisis Perkembangan Harga dan Rantai Pemasaran Cabai Merah di Jawa Barat. Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Departemen Pertanian.
Anindita, R. 2003. Dasar – dasar Pemasaran Hasil Pertanian. Malang : Universitas Brawijaya.
Arifin, Bustanul. 2007. Disparitas Harga Gabah dan Harga Beras. Jakarta : Unisosdem, UNILA.
Ariwibowo, Agus. 2013. Analisis Saluran Pemasaran Komoditas Padi dan Beras di Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Aroning, R., 2008. Analisis Saluran dan Hasil Margin Pemasaran Kakao di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalasang, Kabupaten Gowa. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 26 Desember 2023
Astawan, 2004. Budidaya Padi. http://web.php.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2023.
Badan Pusat Statistik. 2021. Kecamatan Sunggal dalam Angka.
Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian. 2021. Pengembangan Revitalisasi Penggilingan Padi. Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian.
Basu, Swasta dan Irawan. 1998. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
Bulog. 2012. Kebijakan Pengadaan Gabah dan Beras. Jakarta : Intruksi Presiden Nomor 3.
Departemen Pertanian RI. 2007. Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Jakarta : Departemen Pertanian RI
Ekasari dkk, 2007. Analisis Margin Pemasaran Telur Itik di Kelurahan Borongloe Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 26 Desember 2023
Al-Ghazali. 1998. Manusia Menurut Al-Ghazali terj. oleh M.Yasir Nasution, Jakarta : Rajawali Pers.
Istiyanti, Eni. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Mapeta, 12(2): 116-124.
Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip – prinsip Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Damos Sihombing dan Wisnu Chandra Kristiaji. Jakarta : Erlangga.
Lakasana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Mardianto, Sudi, Yana Supriatna,dan Nur K. Agustin. 2005. Dinamika Pola Pemasaran Gabah dan Beras di Indonesia. Bogor : Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol 23, No. 2.
Margono, 2004. Metodologi Penelitian Pendidika, Jakarta: Rineka Cipta.
Martodireso, S dan Suryanto, AW. 2002. Agribisnis Kemitraan. Yogyakarta : Usaha Bersama
Mears, L. 1982. Era Baru Ekonomi Perberasan Indonesia. UGM Press. Yogyakarta
Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : LPES.
Natawidjaja, R.S. 2001. Dinamika Pasar Beras Domestik. Dalam A Suryana dan S. Maerdianto (Ed). Bunga Rampai Ekonomi Beras. LPEM – FEUI. Jakarta.
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian, Cetakan Kelima. Jakarta : Ghalia Indonesia
Sobirin. 2009. Efisiensi Pemasaran Pepaya di Kecamatan Subang Kabupaten Banyumas. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 26 Desember 2015
Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasi. Bandung : CV Rajawali.
Subandriyo, Toto. 2010. Pasang Surut Kesejahteraan Petani. Suara Merdeka. Edisi Cetak. 21 Januari.
Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Malang : Universitas Muhamadyah Malang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, Ade. 2003. Analisis Sistem Pemasaran Gabah dan Beras (Studi Kasus Petani Padi di Sumatera Utara). Bogor : Puslitbang Sosek Pertanian.
Surono, S. 1999. Arah Kebijakan Perberasan Nasional di Masa Mendatang. Makalah pada Seminar Future Direction of Indonesia Rice Policy di Jakarta, 09 Maret 1999. Biro Perencanaan Departemen Pertanian, Jakarta.
Sutarno. 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Wonogiri. e- Journal Agrineca. 14 (1): 1-10
Syahza, Almasdi. 2003. Paradigma Baru: Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Agribisnis. Jakarta: Jurnal Ekonomi, TH.VIII/01/Juli, PPD&I Fakultas Ekonomi Tarumanegara
Umar, Husein. 2005. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Pamungkas, Septian Bagas. 2013. Analisis Rantai Distribusi Komoditas Ikan Tangkap Perikanan Laut di Kota Tegal. Semarang : Universitas Negeri Semarang
Pearce dan Robinson. 2011. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Rahayu, Endang. 2009. Mereposisi Peran Pemasaran Pertanian dalam Revitalisasi Pertanian. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Saifullah, A.. 2001. Peran Bulog dalam Kebijakan Perberasan Nasional. Dalam A. Suryana dan S. Mardianto (Ed). Bunga Rampai Ekonomi Beras. LPEM – FEUI. Jakarta
Sidik, M. dan S. Purnomo. 1981. Peningkatan Pendapatan Petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat Melalui Identifikasi Saluran Pemasaran. Majalah Pangan, No. 10 Vol. III, Oktober. Bulog. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v8i1.14855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wulan Dayu, Windu Anggara, Isnaini Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.