PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA SMA MELATI PERBAUNGAN
Abstract
Economic subjects is one of the difficult subjects requiring study interest of students so it's no wonder the learning pretasi students are categorized as low. This is because the student's mastery against economic subjects can be seen from the ability of memorize in understanding. The purpose of this research is to know the influence independence study and tutoring toward the ability to understand the adjustments on journals high school student Jasmine Perbaungan. Type of this research is quantitative. The population in this research is the entire high school student majoring in Social Science as much as 47 people and the sample is total population. The analysis of the data used in this research is a multiple regression test. The research results obtained: independence of the study (p = 0.002), tutoring (p = 0.001) and partially (p = 0.000) influence on the ability to understand the adjustment journal.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu & Widodo, Supriono, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Anggaretta, Dhela Septian, Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 semarang Tahun Ajaran 2014/2015). Semarang : Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2015.
Basri, Hasan, Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Erica, Denny, Hubungan dan Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Kafah Unggul Tangerang, Jurnal : Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta, 2015.
Hurlock, Elizabeth, B., Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga, 2000.
Lestari, Yuyun; Yusmansyah; Ranni Rahmayanthi Z, Peningkatan Kemandirian Belajar Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 4, No. 1., 2015.
Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya.
Patmahsari, Vina, 2012. Pengaruh Pendekatan Belajar Tuntas (Mastery Learning) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Di SMA Negeri 13 Garut : Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS, Bandung : Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia, 2007.
Prayitno & Erman, Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Priyatno, Dwi, Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) untuk analisis data dan uji statistik. Yogyakarta : MediaKom, 2008.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Sujiono, Anas, Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2014.
Soemarso S.R, Akuntansi : Suatu Pengantar. Jakarta : Salemba Empat, 2010.
Suhendri, Huri, Pengaruh Kecerdasan Matematika-Logi, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1):29-39. Universitas Indraprasta PGRI, 2012.
Sumarmo, U., Berfikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran, 2006.
Susilawati, Desi, Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMA N 1 Gamping Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta : UNY, 2009.
Watiman, Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa. Jurnal, 2013.
Warren et al, Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
W.S. Winkel, Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia, 2004.
Yusuf, Syamsu & Nurihsan, Juntika, Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Dedi Syahputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.