PENENTUAN POTENSI LOKASI PROMOSI CALON MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI SWASTA BERBASIS AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Ilka Zufria

Abstract


Dalam menarik minat tamatan Sekolah Menengah Atas atau setingkatnya untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Maka sebuah perguruan tinggi swasta akan menjajaki setiap sekolah untuk menawari informasi dan daya tarik institusinya. Salah satu kendala yang dihadapi dalam melakukan promosi adalah banyaknya Sekolah Menengah Atas dan sejenisnya yang mesti dikunjungi sehingga divisi promosi mengalami sedikit kesulitan dalam menentukan skala prioritas SMA/SMK/MA mana yang potensial untuk dikunjungi terlebih dahulu. Untuk itu perlu dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu menentukan potensi promosi. AHP adalah alat pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah keputusan yang kompleks dalam pembangunan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) penentuan potensi lokasi promosi ditetapkan menggunakan 4 (kriteria), diantaranya Letak Geografis, Minat, Kerjasama, dan Terdaftar. Hasil akhir dari proses SPK menggunakan metode AHP ini berupa peringkat dari beberapa alternatif lokasi potensi promosi dan pemasaran yang ditetapkan dan alternatif lokasi potensi pemasaran yang mendapatkan bobot global paling tinggi yang menjadi rekomendasi untuk penentuan potensi lokasi promosi dan pemasaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v3i1.4065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.