IMPLEMENTASI ALGORITMA C5.0 UNTUK MEMPREDIKSI KETERLAMBATAN PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN PADA SMP SWASTA AN-NAAS BINJAI
Abstract
Pengelolaan keuangan yang efisien merupakan aspek penting dalam keberhasilan operasional lembaga pendidikan, terutama terkait pembayaran Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP). Keterlambatan pembayaran SPP dapat mengganggu arus kas sekolah dan menimbulkan masalah administratif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan Algoritma C5.0 untuk memprediksi keterlambatan pembayaran SPP di SMP Swasta An-Naas Binjai. Algoritma C5.0 dipilih karena kemampuannya mengolah data kompleks dan menghasilkan model prediksi yang mudah dipahami. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Algoritma C5.0 mampu memberikan tingkat akurasi sebesar 85%, dengan precision 88.89% dan recall 94.12%. Ini menandakan efektivitas algoritma dalam memprediksi keterlambatan pembayaran SPP serta keandalannya sebagai alat bantu pengelolaan keuangan sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan sistem yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan dan memberikan wawasan lebih baik mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan pembayaran SPP
Full Text:
PDFReferences
E. Ruli and E. Indarini, “Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 221–228, 2022.
V. S. Ginting, Kusrini, and E. Taufiq, “IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KETERLAMBATAN PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENGGUNAKAN PYTHON,” Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 36–44, 2020.
D. M. Alfiansyah and H. Soetanto, “Prediksi Keterlambatan Pembayaran SPP Siswa dengan Pendekatan Metode Naive Bayes dan K-Nearest Neighbors,” Technology and Science (BITS), vol. 5, no. 4, pp. 706–719, 2024, doi: 10.47065/bits.v5i4.4643.
R. N. Amalda, N. Millah, and I. Fitria, “Implementasi Algoritma C5.0 Dalam Menganalisa Kelayakan Penerima Keringanan UKT Mahasiswa ITK,” Teorema (Teori dan Riset Matematika), vol. 7, no. 1, 2022.
A. I. Putri, M. Furqan, and Suhardi, “Application of Data Mining to Predict Birth Rates in Medan City Using the K-Nearest Neighbor Method,” Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering (JCoSITTE), vol. 5, no. 1, pp. 504–509, 2024, doi: 10.30596/jcositte.v5i1.17991.
D. P. Utomo and S. Aripin, “Penerapan Algoritma C5.0 Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Mahasiswa di Masa Pembelajaran Daring,” Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), vol. 3, pp. 7–12, 2021.
N. Zamasi, “Implementasi Algoritma C 5.0 Pada Analisa Data Potensi Pertanian dan Perternakan,” TIN: Terapan Informatika Nusantara, vol. 2, no. 4, pp. 184–190, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin
M. S. Sungkar and M. T. Qurohman, “Penerapan Algoritma C5.0 Untuk Prediksi Kelulusan Pembelajaran Mahasiswa Pada Matakuliah Arsitektur Sistem Komputer,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 3, pp. 1166–1172, Jul. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3116.
I. Nawangsih, I. Melani, and S. Fauziah, “PREDIKSI PENGANGKATAN KARYAWAN DENGAN METODE ALGORITMA C5.0 (STUDI KASUS PT. MATARAM CAKRA BUANA AGUNG),” Jurnal Pelita Teknologi, vol. 16, no. 2, pp. 24–33, 2021.
M. D. Kahfi, F. R. Umbara, and H. Ashaury, “Prediksi Pengangguran Menggunakan Decision Tree Dengan Algoritma C5.0 Pada Data Penduduk Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor,” INFORMATICS AND DIGITAL EXPERT (INDEX), vol. 4, no. 2, pp. 75–80, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics
K. S. Ningsih and I. Zufria, “Penerapan Algoritma C5.0 Untuk Memprediksi Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kinerja Guru MAN Simalungun,” JURNAL FASILKOM, vol. 13, no. 3, pp. 406–415, 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v9i1.21499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Current Indexing :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.