Memahami Motivasi Dan Persepsi Perpustakaan Sekolah Pada Siswa SMA Lab Undiksha Dan SMA Negeri 1 Singaraja

Santana Sembiring, I Wayan Mudana, Lola Utama Sitompul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah dan persepsi siswa terhadap perpustakaan sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi pemanfaatan perpustakaan sekolah antara siswa SMA Lab Undiksha dengan SMA Negeri 1 Singaraja. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa persepsi siswa terhadap perpustakaan sekolah sudah berubah terutama persepsi pada suasana dan pustakawan, sedangkan persepsi aturan di perpustakaan masih tetap sama.

Kata kunci: Motivasi, Persepsi, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v17i2.14352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Santana Sembiring, I Wayan Mudana, Lola Utama Sitompul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia