LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN DARING

Tanti Fajriani Aisyah

Abstract


Literasi merupakan suatu keterampilan dasar membaca, menulis dan angka, sementara beberapa menunjukkan bahwa keterampilan ini adalah untuk pembelajaran lebih lanjut atau berfungsi secara efektif untuk berinteraksi dalam kegiatan di sekolah maupun di kegiatan lingkungan masyarakat.Membaca merupakan sarana mendidik dan mengembangkan individu dan masyarakat. Literasi perlu terus ditingkatkan di kalangan pelajar walau di masa pandemi karena sistem pendidikan yang dilakukan secara daring. Salah satu implementasi literasi yang bisa dilakukan adalah peningkatan literasi digital. Penulis menggarap studi dan penelitian mengenai literasi digital dan fasilitas pendukung untuk meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Mengenah Atas (SMA) yaitu perpustakaan sekolah.

Keywords


literasi ; literasi digital ; minat baca

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asari, Andi, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, Andika Bagus, and Nur Rahma. 2019. “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang.” BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 3:98–104.

Elendiana, Magdalena. 2020. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2(1):54–60.

Elya umi Hanik. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” Elementary Islamic Teacher Journal 8(1):183–208.

Hartono, Hartono. 2017. “STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN AKSESIBILITAS INFORMASI: Sebuah Kajian Teoritis Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia.” UNILIB : Jurnal Perpustakaan 8(1):75–91.

Hikamudin, Moch Irfan, Tatat Hartati, Mubiar Agustin, Anggy Giri Prawiyogi, and Ahmad Fauzan. 2019. “PENINGKATAN LITERASI PERPUSTAKAAN DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SEKOLAH DASAR.” Edulib 9(1):12–25.

Makmur, Testiani. 2019. “Teknologi Informasi : Dampak Dan Implikasi Bagi Perpustakaan, Perpustakawan, Serta Pemustaka.” Perpustakaan Dan Ilmu Informasi 1(1):65.

Nur Ika Fatmawati. 2019. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.” Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 11(2):119–38.

Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. 2020. “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) 4(2):30–36.

Prabowo, Thoriq. 2013. “Mengenal Perpustakaan Digital.” Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 8:103–13.

Rahma, Nurida Maulidia. 2015. “Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya 3(5):763–69.

Ramadhan, Hafiidz Risqa. 2017. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Minomartani 6.” Tesis 53(9):1689–99.

Safitri, Apriani, and Juli Astuti. 2019. “Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari.

Saputra, Ardi Wina. 2019. “Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Blog Untuk Pembelajaran Membaca Artikel Pada Siswa Smp.” Journal of Chemical Information and Modeling 5(9):1689–99.

Silvana, Hana, and Cecep Darmawan. 2018. “Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung.” Pedagogia 16(2):146.

Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2020. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya).” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1):22–33.

Wibayanti, Ruslan dan Sri Hayu. 2019. “Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 767–75.

Yuliana, Y. 2020. “Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur.” Wellness And Healthy Magazine 2(1):187–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v16i1.10312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tanti Fajriani Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia