PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMA UNGGULAN CT FOUNDATION

Winda Wulandari, Muhammad Dalimunthe, Abdi Mubarak Syam

Abstract


Peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Unggulan CT Foundation sebagai sumber informasi, sarana dan prasarana, dan sebagai sumber motivasi telah memberikan dampak yang baik untuk sekolah. Dengan menerapkan strategi seperti memanfaatkan koleksi dan pengembangan cyber library perpustakaan ini dinilai berkualitas dalam menjalankan perannya. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi langsung ke Perpustakaan SMA Unggulan CT Foundation, wawancara, serta dokumentasi terkait peran yang diberikan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: Peran, Kualitas Pendidikan, Perpustakaan Sekolah


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Badan, P., Pembangunan, P., Dalam, D., Tomohon, R. K., Lantaeda, S. B., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2017). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik, 4(48).

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 56–72. https://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163

Junaeti, J., & Arwani, A. (2016). PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI (Konstruksi Pelayanan, Strategi, dan Citra Perpustakaan). LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 4(1), 27. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1245

Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. c, 274–282.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Rahman, M. M. (2015). Mengaktifkan Perpustakaan Sekolah. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(2), 181–199.

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v15i2.10031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Winda Wulandari, Muhammad Dalimunthe, Abdi Mubarak Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia