PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KKNI DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUMATERA UTARA MEDAN
Abstract
Artikel ini membahas pengembangan model kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, perkembangan ilmu pengetahuan, serta standar nasional pendidikan tinggi. Dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), studi ini mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain kurikulum, implementasi, serta evaluasi keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kurikulum berbasis KKNI meningkatkan keterampilan lulusan dalam berbahasa Inggris secara akademik dan profesional, sejalan dengan visi internasionalisasi FITK UIN Sumatera Utara. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk kolaborasi lintas institusi guna memastikan keberlanjutan dan pengembangan kurikulum di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2015). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta:
BSNP.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching.
Cambridge: Cambridge University Press.
UIN Sumatera Utara. (2023). Visi dan Misi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Medan:
UINSU Press.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2001). Multimodal Discourse: The Modes and Media of
Contemporary Communication. London: Arnold.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 INTERNATIONAL JOURNAL ON LANGUAGE, RESEARCH AND EDUCATION STUDIES
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IJLRES- International Journal on Language, Research and Education Studies published by English Language Center, Faculty of Islamic Education and Teacher Training, UIN of North Sumatra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres
2580-6777 (Print ISSN), 2580-6785 (Online ISSN)