URGENSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAMI DALAM PENGAJARAN

Helma Fitri

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang diperlukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pendidikan akan membantu manusia yang belum matang dan dewasa dari segi jasmani, akal dan rohaninya menjadi dapat difungsikan dalam melakukan aktivitas. Pelaksanaan pendidikan secara umum juga tidak terlepas dari kata lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan tempat dilakukannya aktivitas pendidikan berupa belajar dan mengajar. Aktivitas belajar mengajar akan terjadi jika dilakukan oleh dua pelaku pendidikan yaitu guru dan siswa. Guru merupakan pelaku utama dalam melakukan pengajaran. Dalam praktiknya, pengajaran tidak dapat dilakukan dengan mudah, harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengajaran. Maka guru harus memiliki ilmu dan keterampilan yang berkaitan dengan pengajaran termasuk mengetahui potensi dan psikis siswanya. Oleh karena itu, Psikologi Pendidikan Islami akan membantu guru dalam proses pengajaran untuk mengetahui potensi dan psikis dari siswanya sebagai bentuk persiapan mengajar dikelas.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu.& Widodo Supriono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Al-Attas,Syed Muhammad Naquib. Islam dan Sekularisme, cet. II .Bandung: Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan, 2011.

Ali,Yunasril.Jalan Kearifan Sufi: Tasawuf Sebagai Terapi Derita Manusia, Jakarta: Serambi, 2002.

Ancok,Djamaluddin.Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1994.

Imam,Barnadjib.FilsafatPendidikan,Yogyakarta: FakultasIlmuPendidikan FIP, 1987.

Langgulung,Hasan.Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1980.

Munjib, Abdul & Mundzakir Yusuf, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2002.

Nasution,Harun.Akal dan Wahyu dalam Islam, cet. II. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI Press), 1986.

Patty F, dkk, Pengantar Psikologi Umum, terjemahan, Surabaya: Usaha Nasional, tt.

Rasyidin, Al. Falsafah Pendidikan Islam : Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktek Pendidikan Jasmani. Bandung: Ciptapustaka Media Printis, 2008.

Rendra, Metodologi Psikologi Islam,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Santrock,John. W. Psikologi Pendidikan. Terjemahan. Jakarta: Perdana Media Group, 2007.

Subroto, Sumardi.Psikologi Kepribadian, Jakarta: Rajawali, 1990.

Syah,Muhibbin.Psikologi Pendidikan,Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Walgito,Bimo.Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: YPFP UGM, tt.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: