PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB DI PESANTREN MUSTHAFAWIYAH

Irfa Waldi

Abstract


Abstak: Tulisan ini mengkaji pola pembelajaran qawaid bahasa Arab di pesantren musthafawiyah Purbabaru. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan apa saja yang menjadi pendukung serta penghalangnya dan juga apa saja solusi yang dilakukan sehingga tujuan pembelajaran qawaid bahasa Arab tersebut dapat dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisa model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran qawaid bahasa Arab di pesantren musthafawiyah menggunakan kurikulum sendiri dengan metode nazariyatul furu’ dengan arti bahwa qawaid bahasa Arab tersebut dibagi kepada beberapa mata pelajaran. Minat belajar santri yang rendah terhadap qawaid bahasa Arab menjadi salah satu kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M., Kapita Selekta pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1993

Daulay, Haidar Putra, Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Depdikbud, KBBI, edisi IV, (Jakarta: gramedia Pustaka Utama, 2008)

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PN. Balai pustaka, 1990)

Wahid, Abdurrahman, menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren, (Yogyakarta: LKIS, 2001)

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren : Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: gema Insani Press, 1997




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i1.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: