AKHLAK SISWA DI MAL UIN SU MEDAN

Ramadhani Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problema pembinaan akhlak siswa di tinjau dari sudut guru, siswa dan lingkungan sekolah, mengetahui pembinaan siswa melalui berbagai aktifitas belajar baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dan mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di MAL UIN SU Medan.

          Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu peneliti melakukan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah yang sifatnya kualitatif, yakni prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Artinya, peneliti menganalisis dan menggambarkan penelitian secara objektif dan mendetail untuk mendapatkan hasil yang akurat.

          Dalam penelitian deskriptif ini peneliti berusaha mencatat, menganalisis dan menginterpretasi kondisi yang ada. Artinya mengumpulkan informasi tentang keadaan yang ada dengan variabel yang menjadi indikasi dalam penelitian ini.

Hasil yang didapat bahwa problematika pembinaan akhlak siswa di MAL UIN SU Medan ditinjau dari sudut guru berkaitan dengan pandangan guru yang masih keliru terhadap tugasnya. Perbedaan karakter siswa dan masa remaja dan kelabilan emosi, dan Suasana lingkungan pendidikan atau sekolah menjadi problem pembinaan akhlak siswa bagi guru.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Daradjat, Zakiah, Pendidikan Agama dan Akhlak bagi Anak dan Remaja, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Syaodih Sukmadinata, Nana, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i1.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: