MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN DI PAUD INKLUSIF

Rizka Harfiani, Hasrian Rudi Setiawan

Abstract


Salah satu komponen penting untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran adalah penilaian. Permasalahan dalam merancang model penilaian pembelajaran kerap ditemui oleh guru, khususnya bagi guru yang mengajar di lembaga berbasis pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis model penilaian pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berbasis pendidikan inklusif yaitu di Raudhatul Athfal An-Nahl, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman, serta pengujian keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa di RA. An-Nahl dilakukan dua jenis penilaian yaitu assessment for learning dan assessment of learning. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model assessment yang diterapkan mampu memberikan penilaian kepada siswa terhadap peningkatan pembelajaran dari aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Budi (2010) Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak...? Yogyakarta: Diva Press.

Fadlillah, M. (2017) Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. 1st edn. Jakarta: Prenada Media Group.

Hamdayana, J. (2016) Metodologi Pengajaran. 1st edn. Edited by Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, K. and Iman, N. (2017) ‘Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di Lembaga PAUD Al-Khair dalam Memberikan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)’, Realita, 2(1), pp. 239–248.

Latif, M. dkk. (2016) Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Lestariningrum, A. (2017) ‘Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini di Kota Kediri (Studi Pada PAUD Inklusif YBPK Semampir, Kecamatan Kota Kediri)’, Children Advisory Research and Education, 4(2), pp. 53–68.

Pappas, M. A. (2018) ‘Policies , Practices , and Attitudes toward Inclusive Education : The Case of Greece’, Sosial Sciences, (Ainscow 2005). doi: 10.3390/socsci7060090.

Pijl, S. J. and Hamstra, D. (2005) ‘Assessing pupil development and education in an inclusive setting’, International Journal of Inclusive Education, 9(2). doi: 10.1080/1360311042000331192.

Rusdianto (2018) ‘Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Malang)’, Tarlim, 1(1), pp. 39–50

Suyatno, S. (2005) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Waseso, I. dkk. (2009) Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i2.6473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: