Kolonialisme dan Dikotomi Pendidikan Islam di Indonesia

Tirolian Tirolian

Abstract


Abstrak: Kolonialisme dan  Dikotomi  Pendidikan Islam di Indonesia. Pada zaman Belanda pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor politik yang ditentukan oleh kebijakan penguasa, yaitu Belanda baik semasa VOC maupun pemerintahan Hindia Belanda. Aspek sejarah dikotomis  pendidikan di Indonesia menjadi salah satu faktor determinan untuk memberi pemahaman akan adanya kesenjangan dalam sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebijakan kependidikan belanda dan dikotomi pendidikan indonesia, aspek-aspek pendidikan dikotomis, dan akibat yang ditimbulkan dikotomi pendidikan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman Mas’ud Intelektual Pesantren Perhelatan Agama dan Tradisi Yogyakarta: LKIS,2004

Ary H. Gunawan , Kebijakan-Kebijakan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1986

Arifin, M. Kafita Selekta Pendidikan Islam (Islam dan Umum), cet. 3 Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Azyumardi Azra,Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1994.

……….Surau: Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi dan Modernisasi, terj. Iding Rasyidin. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.

Azyumardi Azra & Saiful Umam (ed), Menteri-menteri Agama RI: Biografi Sosial-Politik, (Jakarta: INIS, PPIM IAIN Jakarta & Litbang Depag RI 1998)

Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Tradisi- Tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan, 1999.

Haidar Putra Daulay,Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia,Bandung: Citapustaka Media, 2001.

………,Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

………,Historisitas dan Eksistensi: Pesantren Sekolah dan Madrasah, Yokyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2001.

H.A.R Tilaar, Paradigma baru Pendidikan Nasional (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Dhopier, Zamaksyari, Tradisi Pesantren; Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Cet. 4, (Jakarta: LP3ES, 1985.

Djamas, Nurhayati, Dinamika Pendididkan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Hasbullah, SejarahPendidikanIslamdiIndonesia Lintas Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Press, 1999.

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yokyakarta: PSAPM, 2003.

Madjid, Nurcholish, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret perjalanan Jakarta: Paramadina, 1997.

Marwan Saridjo, Bunga Rampa Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Amissco, 1996

Nasution, S, Asas-asa kurikulum, cet. 2, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Ramayulis, Sejarah pendidikan Islam, cet. 1, jakarta: Kalam Mulia, 2012

SM, Ismail, (ed), Paradigma Pendidikan Islam, cet. 1, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Sumarsono Mestoko, dkk, Pendidikan Indonesia dari Jaman ke Jaman, cet.2. Jakarta: Balai Pustaka, 1979

Sutari Imam Barnadib, Sejarah Pendidikan, cet.1, Yogyakarta: ANDI OFFSET, 1983

Steenbrink,A Karel, Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen, cet. 2, Jakata: LP3ES, 1991.

W. Sanjaya, Kajian Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Sekolah Pasca Sarjana UPI, 2007

Zuhaerini, Dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, Cet. Ke-5, 1997




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v2i2.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: