ARTI KATA RABB DALAM SURAH AL-ISRA’

Abu Bakar Adenan Siregar

Abstract


Abstrak: Tulisan ini bertujuan mengungkap makna kata rabb yang selalu dikaitkan dengan makna Tuhan atau sifat yang disandarkan pada Tuhan. Tulisan ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Semua kata rabb yang terdapat di dalam surah al-Isra‟ sebagai sumber data penelitian ini, dijadikan data penelitian. Teori yang digunakan adalah teori semantik leksikal dan gramatikal. Tulisan ini akan menjelaskan kata rabb yang selalu diberi makna Tuhan atau sifat yang disandarkan pada Tuhan. Secara makna gramatikal, hal ini benar karena Tuhan yang dimaksud disini adalah Allah yang Maha berkuasa, yang Maha mengatur, yang Maha pencipta, yang Maha mengendalikan, yang Maha mengajarkan, yang Maha memberi, yang Maha memberitahu, yang Maha berilmu, yang Maha Berkehendak, dan yang Maha memelihara. Sedangkan pada kata rabbaya ( َٜ􀍉 سَ ), bermakna mendidik karena kata rabbaya ( َٜ 􀍉 سَ ) disandarkan pada selain Tuhan yakni kedua orang tua.
Kata Kunci: rabb, al-Isra‟ dan makna gramatikal.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Bin Muhamad Bin Abdurahman Bin Ishaq Al-Sheikh. 2004. Tafsir Ibnu Katrsir (Jilid Satu). Kairo; Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Abi Ja’far Muhammad bin Jariri at Tobari. 1340 H. Tafsir At-Thobari. Al- Qohirah: Maktabah Ibnu Taymiyah.

Al- ‘utsaimin, Abdullah Haidhir. 1997. Syarhul arba’iin an- Nawaawiyyah, Maktabah jaliyat Rabwah.

Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al 'Abbad Al Badr. 2001. Fiqh Asmaul Husna, Maktabah Assunnah.

Asy-Syuuthi Jalaluddin dan Jalaluddin Muhammad Ibn Ahmad Al-Mahalliy. 2009. Tafsir Jalalain. http://www.maktabah-alhidayah.tk :rabbany1981@gmail.com.

Daradjat, Zakiah 1975. Dasar-dasar Agama Islam, Buku Teks Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Bulan Bintang

Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahan. Indonesia: CV Penerbit J- ART.

Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyah . t Th, Bada I’ul Fawa’id. Maktabah Masykatul Islamiyah.

Shofjan Taftazani dan Maman Abdurrahman.2003 Konsep Tarbiyah (Pendidikan) Dalam Al-Quran (Sebuah Kajian Semantis Berdasar Ayat-Ayat Quran). Bandung: Mizan.

Zarkazi, Abi Husen bin Faris 390 H, Maqoyisu al-Lughoh. Bairut: Darul Fikri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v2i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: