MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V-A SD NEGERI 101807 CANDI REJO T.A 2015/2016”.
Abstract
Abstrak: Kondisi lingkungan yang kurang kondusif, perhatian orang tua siswa terhadap prestasi anaknya juga kurang, rendahnya nilai siswa, dan banyaknya siswa yang bermain-main saat guru mengajar, serta kecenderungan guru menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan teknik pembelajaran saat proses belajar mengajar adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang monoton, sehingga siswa merasa bosan dan sulit berkonsentrasi untuk memahami materi yang disampaikan yang ujungnya siswa beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami. Matematika adalah ilmu pasti yang tidak dapat diajarkan dengan metode ceramah saja. Oleh karena itu, peneliti mempunyai solusi dengan menggunakan Teknik Pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran dapat membuat siswa lebih tertarik dengan pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Matematika melalui menerapkan teknik pembelajaran make a match pada siswa kelas V-A SD Negeri 101807 Candi Rejo Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 101807 Candi Rejo yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes uraian masing-masing berjumlah 10 butir soal, yang diberikan pada post test I, dan post test II. Sedangkan nontes berupa observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan menggunakan teknik pembelajaran make a match pada siklus I dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 60,00 dengan ketuntasan belajar 48,14%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata yang diproleh adalah 81,48 dengan ketuntasan belajar 88,89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V-A SD Negeri 101807 Candi Rejo T.A 2015/2016.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi,dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran make a match (Online), dalam (http://www.kajianpustaka.com, diakses 05 September 2015).
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghofur, Abdul. 2009. Mengapa harus menggunakan model pembelajaran, (Online), dalam http://duniapendidikan.blogspot.com, diakses 10 September 2015).
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.
Mustaqim, Burhan dan Astuty, Ary. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Madju Offset.
Rahmat. 2010, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2073915-model-pembelajaran-kooperatif-match/#ixzz1jJUI6bgE.vol:01 Hal 12 diakses 20 Oktober 2015).
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-model Pembelajaran InoV-Atif. Bandung: Alfabeta.
Tim Bina Karya Guru. 2007. Terampil Berhitung Matematika untuk SD kelas IV. Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i2.3122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diindeks oleh: