PERKEMBANGAN DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA

Fahrurrozi, S.

Abstract


Pada awalnya, pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia hanya sebatas dalam kepentingan agar dapat menyempurnakan bacaan Al-Quran yang ditulis dengan Bahasa Arab. Akan tetapi seiring untuk memahami apa isi kandungan Al-Quran dan juga hadist serta buku-buku keislaman yang dituliskan dalam Bahasa Arab, oleh karenanya pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia tidak hanya sekedar dapat membaca huruf-huruf Bahasa Arab, namun masyarakat berusaha mempelajari Bahasa Arab agar dapat mendalami dan memahami ajaran Islam. Bahasa Arab menjadi salah satu kategori bahasa Internasional dan merupakan bahasa yang banyak diminati dan digunakan di dunia termasuk di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dengan menggunakan teknik pengamatan  atau observasi, dimana Peneliti mencatat segala informasi selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Indonesia sendiri masih terus berkembang meskipun masih jauh dibawah bahasa lainnya dan perkembangannya diperkirakan mampu untuk mengalahkan bahasa-bahasa lainnya dilihat dari perkembangan dan minat siswa dalam mempelajari Bahasa Arab.

Full Text:

PDF

References


Abusyairi, K. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Dinamika Ilmu.

Al-Ayyubi, S. (2019). Hubungan Filsafat Dan Bahasa Arab (Studi Tentang Keterkaitan Filsafat Dan Bahasa Arab). Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(1), 54–76.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Mubarak, H. (2018). Asal Usul Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1).

Munip, A. (2020). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 301–316.

Muradi, A. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 1(1).

Mustofa, A. dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab. An Nabighoh, 20(01), 19–26.

Rizal, H. S. (2021). Hakikat Bahasa dan Budaya Melalui Tinjauan Tafsir al-Qur’an Surat al-Baqarah: 31-33, ar-Raḥmān: 1-4, dan Yūsuf: 2. Studi Arab, 12(1), 1–16.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA, 5(1), 73–88.

Sumanto, E. (2017). Hubungan Filsafat Dengan Bahasa. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 6(1), 19–30.

Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69.

Syuhada, A. (2011). Relevansi Sistematika Pembentukan Rubâ’I Ibnu Faris dalam Perkembangan Bahasa Arab. At-Ta’dib, 6(1).

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Penerbit Yogyakarta.

Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 231–248.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v7i2.15193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: