KONTRIBUSI INOVASI PEMBELAJARAN GURU PAI DAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD SWASTA HARAPAN 3 KEC. DELI TUA KAB. DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi inovasi pembelajaran dan efektifitas pembelajaran guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa. Adapun secara terperinci tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Kontribusi inovasi pembelajaran guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa, (2) Kontribusi efektifitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, dan (3) kontribusi inovasi pembelajaran guru pendidikan agama Islam (PAI) dan efektifitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SD swasta Harapan 3 Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang. Penelitian ini dapat di golongkan ke dalam penelitian kuantitatif, di mana dalam penelitian ini banyak dituntut menggunakan angka-angka statistik, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dari hasilnya dengan tujuan untuk menguji suatu teori yang menghubungkan antara kenyataan sosial yang ada. Data yang diperoleh yaitu melalui penyebaran angket yang diberikan kepada responden yang sebelumnya sudah ditentukan sebagai sampel penelitian, selain itu pemberian tes/ kuesioner dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu variabel kontibusi inovasi guru pendidikan agama Islam (X1), efektifitas pembelajaran (X2) dan hasil belajar siswa (Y)
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran dan Efektitas Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, Cet-15, 2014.
Azra, Azumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana
Ilmu, 1999.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilm Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Idris, Zahara. dan Lisma Jamal. Pengantar Pendidikan 2. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.
Ihsan, Puad. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
EDU-RILIGIA Vol. 1 No. 2 April-Juni 2017
Muhaimin. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3ES, 2003.
Nawawi, Hadari. Meningkatkan Hasil Belajar. Yogyakarta: Bina Aksara, 2000.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Rusdiana, H. A. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Sudjana, Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaefruddin Sa’ud, Udin. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Syafaruddin, et. al., Inovasi Pendidikan: Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2012.
Syah, Muhibbin . Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), h. 87.
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual (Jakarta:
Kencana, 2014), h. 21.
Wijaya, Cece. et. al., Upaya Pembaharuan dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991
Yusuf, Choirul Fuad (Ed). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP)Jakarta: Pena Citasatria, 2007.
Yusuf, Rusli. Landasan Pendidikan; Pendidikan dan Investasi Sosial dalam Pembentukan Masyarakat Madani.
Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i2.933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.