PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs SWASTA RAUDHATUL AKMAL KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG

Nurasiah Nurasiah

Abstract


Abstak: The aim of this research is to know the influence of parenting style and learning facility towards
of learning motivation at Private Islamic Junior High School Raudhatul Akmal in Batang Kuis Regency.
These was non experiment quantitative research. Populations in this research are all students at Private
Islamic Junior High School Raudhatul Akmal and sample in this research chose with a formula. From
that formula, researcher chose 61 students as samples with proportional sampling method. In this
research, data collection mean used questionnaire for parenting style’s variable (X1), learning facility (X2)
and students’ learning motivation (Y). Data analysis technique used kolmogorov smirnov normality test
and multiple regretion test with SPSS version 20.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan fasilitas belajar
terhadap motivasi belajar siswa di MTs. Swasta Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten
Deli Serdang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini merupakan seluruh siswa MTs. Swasta Raudhatul Akmal yang berjumlah 158 siswa dan sampel
penelitian dipilih menggunakan rumus sehingga menghasilkan sampel sebanyak 61 siswa dengan
menggunakan metode proportional sampling. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data
menggunakan angket untuk variabel pola asuh orangtua (X1), fasilitas belajar (X2) dan motivasi
belajar (Y). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas kolmogorov smirnov dan uji regresi
berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20.
Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


NURASIAH: PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Rahman, Hibana.Media pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada. 2002.

Resminingsih dan Astuti, Endang Sri. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan

Menengah Jilid I. Jakarta: Grasindo. 2011.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2011.

Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam.

Jakarta: Kencana. 2004.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara. 1988.

Sudjana, Nana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta: 2014.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara. 2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009.

Suprijono, Agus.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Suryabrata, Sumardi. Metode Penelitian. Jakarta: Insan Pers. 2001.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2011.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. cet. 3. Jakarta: Balai Pustaka. 2005.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2015.

Walker, C.E. The Handbook of Clinical Child Psychology. Canada: A. Wiley-Inter Science. 1992.

Woodworth dan Marquis. Psychology: a study of Mental Life. London: Methuen & Co. Ltd. t.t.

Zaini, Syahminan. Arti Anak Bagi Seorang Muslim. Surabaya: Al-Ikhlas. 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i1.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.