IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X MA NEGERI 1 MEDAN

Rahayu Putri Sari

Abstract


Abstract:This study aims to describe in depth the implementation of authentic assessment on the
curriculum 2013 in learning Akidah Akhlak in class X MA Negeri 1 Medan. With details to describe
how the implementation of authentic assessment of the competence of knowledge, attitudes, and
skills in learning Akidah Akhlak, barriers that occur when implementing it, and what efforts are
made to overcome these obstacles. This research uses qualitative descriptive approach and case
study, data obtained from two sources, namely primary data source and secondary data source.
Using data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation study.
Using data analysis techniques in the form of data reduction, categorization, synthetation, and arrange
work hypothesis. And use the technique of guaranteeing data validity in the form of three
triangulation, that is triangulation of data, triangulation of theory, and triangulation of method.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi penilaian autentik kompetensi pengetahuan
pada Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X MA Negeri 1 Medan dilaksanakan
dengan dua teknik penilaian, yaitu teknik penilaian tertulis dan non tertulis. Penilaian tertulis yang
digunakan berupa pilihan berganda dan uraian yang diberikan pada waktu ulangan. Sedangkan
penilaian non tertulis yang digunakan berupa tes lisan. 2) Implementasi penilaian autentik kompetensi
sikap menggunakan teknik penilaian diri yang dibuat dalam bentuk daftar cek dengan skala likert
berupa Sangat Setuju, Setuju, Netral, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. 3) Implementasi penilaian
autentik kompetensi keterampilan menggunakan teknik penilaian kinerja berupa drama yang rubriknya
dibuat dalam bentuk daftar centang. 4) Hambatan yang terjadi ketika mengimplementasikan penilaian
autentik, meliputi: ketidakmampuan guru dalam menguasai teknologi, jumlah siswa yang terlalu
banyak di setiap kelas, keterbatasan sarana dan prasarana, keterbatasan dan ketersediaan waktu,
dan kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik. 5) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi
hambatan tersebut, meliputi: mengikuti sosialisasi mengenai penilaian autentik, memanfaatkan waktu
yang tersedia, dan melengkapi sarana dan prasarana sendiri.
Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran: dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad ke-

, Bandung: Refika Aditama, 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Elemen Perubahan Kurikulum 2013”, dalam PPT 1.2

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan

Mutu Pendidikan

Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013):

Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rajawali Pers, 2014

Majid, Abdul. Penilaian Autentik: Proses dan Hasil Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015

Ngadip, “Konsep dan Jenis Penilaian Autentik (Authentic Assesment),” dalam E- Jurnal Dinas Pendidikan

Kota Surabaya, vol. I

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66

Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan

__________________. Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum bagian Karakteristik

Penilaian.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Supardi, Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi,

Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Y. E. Siswono, Tatang. “Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kontekstual,” dalam Matematika

dan Pembelajarannya, vol. VIII, no. 22-25, Juli 2002

Video kurikulum 2013 yang disiarkan oleh Education Channel dalam program TV E-Magazine




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i1.868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.