MODEL PEMBELAJARAN ALQURAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL MEDAN
Abstract
kelebihan dan kelemahan macam model pembelajaran alquran 3) kendala dan upaya penangulangan
model pembelajaran alquran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Secara metodologi, penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif. Setelah data dianalisa, maka ditemukan bahwa:1) Pelaksanaan Model
pempelajaran Alquran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan mencakup model dan metode yang
bermacam- macam bertujuan supaya siswa tidak bosan, sehingga menarik dan menyenangkan dalam
pembelajaran Alquran berlangsung.2) Model pembelajaran yang di gunakan dalam pembelajaran Alquran
di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan sangat bervariasi, tidak hanya focus pada satu macam model
saja, antara lain model klasikal, model tajwid, makea match dan model guru asuh dengan macam model
mempunyai kelebihan agar siswa tidak bosan dan pembelajaran menyenangkan 3) Kendala yang dihadapi
dalam pelaksanaan Model pembelajaran Alquran di Madrasah ini adalah terbatasnya pengetahuan guru
tentang Model Pembelajaran Alquran, keterbatasan koleksi buku di Perpustakaan dan Upaya penanggulangan
antara lain musyawarah guru mata pelajara dan program Full day tahfizh Alquran dilakukan musyawarah
guru tahfizh dengan WKM( Wakil kepala Madrasah) kurikulum serta dengan kordinator tahfizh, selanjutnya
memperdaya perpustakaan.
This study aims to find out: 1) Implementation of the Koran learning model 2) the strengths and weaknesses
of the type of Koran learning model 3) constraints and efforts to overcome the Koran learning model
in the Medan 2 Model Madrasah Aliyah Negeri 2. Methodologically, this research is qualitative research.
Data was collected using in-depth interviews, observations and document studies. After the data was
analyzed, it was found that: 1) Implementation of the Koran learning model in Medan 2 State Madrasah
Aliyah 2 includes various models and methods aimed at so that students are not bored, so that interesting
and enjoyable learning in the Koran takes place.2) Learning models in the use in learning the Koran in
Medan 2 Model Madrasah Aliyah 2 is very varied, not only focusing on one type of model, including
classical models, tajwid models, makea match and foster teacher models with different types of models so
students do not get bored and have fun learning 3 ) The constraints faced in implementing the Koran in
Madrasah learning model are the limited knowledge of the teacher about the Koran Learning Model, the
limited collection of books in the Library and prevention efforts including the discussion of the subject
teacher and the full day tahfizh Alquran program by tahfizh teacher meetings with WKM (Deputy head
Madrasa) cur the ikulum and with the tahfizh coordinator, then deceived the library.
Kata Kunci: Model, Pembelajaran dan Alqur’an
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Agus, Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasinya(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
AH, M. Syatibi “Menelusur Jejak Pemiliharaan Alquran” dalam Jurnal Suhuf Kajian Alquran dan
Kebudayaan,Vol.2, No.2, 2009.
Ahmadi, Abu, dan Ahmad Rohani, Pengolahan Pengajaran ( Jakarta: Rineka Cipta, 1991)
A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar ( Jakarta: Raja Grafindo Persada,2000)
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar ( Jakarta: Rineka Cipta,
Depertemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahan, (Jakarta: Raja Publising, 2006)
Drajat, Zakiah dkk, Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta: Bumi Aksara 2000)
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran(Cet.IV ;Jakarta: Rineka Cipta,2011)
Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Pembelajaran (Cet.III; Jakarta:Rineka Cipta, 2006)
Harlina, Guru bidang studi Alquran Hadist Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan, wawancara
oleh peneliti di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan tangga l 3 Februari 2019
Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Cet.II;Jakarta:Balai Pustaka,2003)
Lubis, Ranto, Bapak Guru Bidang Studi Alquran Hadist, Wawancara oleh Peneliti di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Model Medan tanggal 10 Januari 2019.Pukul 09.00WIB
Muhaimin,et,al, Paradigma Pendidik,(Bandung: PT Remaja Rosda Karya,2004)
Nasution, Wahyudin Nur Stategi Pembelajaran(Medan Perdana Publishing:2017)
Nasution, Reza, Bapak guru bidang studi Alquran Hadist, wawancara oleh peneliti di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Model Medan tanggal 15 januari 2019
Republik Indonesia, Undanga-Undang RI no 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS (cet.IV;Jakarta:
Sinar Grafika, 2011)
Rustam, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru ( Cet 5; Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2012)
Rusli, Nasrun, Metodologi Pengajaran Agama Islam ( Jakarta: Pustaka Firdaus,2005)
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005)
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ( Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2008)
As-Sirjani, Raghib, dan Abdurrahman Abdul Khaliq,Kaifa Tahfazul Qurani Karim Al-Qawa’id
Adz-Dzahabiyyah li Hifzhil Qur’ an Cara Menghafal Al-Quran, di Terjemahkan Sarwedi
Hasibuan( Solo:Aqwan.2007)
Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam(Bandung: Rosda karya, 2008)
Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Bab I ayat 20 (Cet.III; Jakarta:Sinar Grafika, 2006)
Wawancara awal dengan Guru Pembelajaran Hafalan Alquran Madrasah Aliyah Negeri 2 Model
Medan pada tanggal 4 Juni 2018, Pukul 13.00 WIB
https://sumut.kemenag.go.id/berita-15466-siswa-[enghapal-30-juz-alquran-man-2-medan-bertambahterus.
html di akses Hari Kamis Pukul jam 20: 57
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.