NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 18 MEDAN
Abstract
pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 18 Medan, 2) Implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan
multikultural pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 18 Medan, 3) Implikasi pendidikan multikultural
pada pembelajaran PAI terhadap sikap toleransi siswa siswi di SMA Negeri 18 Medan. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMA Negeri 18 Medan.
Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1)Nilai-nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI di
SMA Negeri 18 Medan terciptanya suasana pembelajaran PAI yang kondusif dikarenakan materi
pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasi terhadap perbedaan
yang ada. Muatan kurikulum multikultural terintegrasi dengan pembelajaran PAI dan pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). 2) Implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural
pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 18 Medan dengan memberikan contoh teladan dari guru
tentang saling menghargai dengan tidak membeda-bedakan siswa yang satu dengan siswa lainnya.
Kemudian metode yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada
siswa adalah dengan cara mengajar dengan bahasa yang santun dan tidak pernah menyinggung
isu sensitif yang berkaitan dengan perbedaan agama dan suku. 3) Pendidikan multikultural berdampak
positif bagi sikap toleransi siswa. Setelah menerima pembelajaran PAI para siswa memiliki rasa
saling menghargai terhadap perbedaan. Hal ini dapat dilihat dari sikap dan prilaku siswa seharihari
yang saling menghargai dan tidak pernah mempermasalahkan perbedaan dikalangan mereka.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan, Multikultural
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, M.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Ahmadi, Abu.Ilmu Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta, 2001.
Al-Munawwar, Said Agil Husin.Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Tangerang:
PT. Ciputat Press, 2005.
Departemen Pendidikan Nasional.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke III. Jakarta: Balai Pustaka,
Kendall, Frances E.Diversity in Classroom a Multicultural Approach to the Education of Young Children.
New York: Teacher College Press, 1983.
Khoir, Abdul.Filsafat Pendidikan Islam: Landasan Teoritis dan Praktis. Pekalongan: STAIN Pekalongan
Press, 2007.
Mahfud, Choirul.Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003.
Ma’arif, Syamsul.Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005.
Maksum, Ali.Pluralisme dan Multikultural: Paradigma Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: Aditya
Media Publishing, 2011.
Maksum, Ali dan Luluk Yuan Ruhendi.Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern.
Yogyakarta: Ircissod, 2004.
Mustaqim, Muhammad dan Hikmatul Mustaghfiroh. “Pendidikan Islam Berbasis Multikulturalisme” dalam
Addin, Vol. VII, 2015.
Muhaimin.Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2002, Bab II, Pasal 3. Bandung: Fokus
Media, 2003.
Muhaimin dan Abdul Mujib.Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya.
Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Napitupulu, Dedi Sahputra. “Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS”, dalamTadris, Vol. XII,
No. 2 Tahun 2017.
Syafaruddin. Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat. Jakarta: Hijri Pustaka Utama,
Sudirman.Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Suyadi.Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2013.
Salmiwati. “Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai-nilai Multikultural” dalamAl-
Ta’lim, Vol. XX, 2013.
Tilaar, H.A.R.Multikulturalisme: Tantangan Global Masa Depan. Jakarta:Grasindo, 2004.
Yaqin, Ainul. Pendidikan Multikultural: Cross Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan.
Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
ein, Muhammad. Pendidikan Islam Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Tim Dosen Fakultas Tarbiyah UIN
Sunan Kalijaga, 2004.
Zuhairini.Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional, 2000.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.