NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN (Kajian Tafsir pada Q.S. Al-Fajr)

Ahmad Basuki, Syamsu Nahar, Edi Saputra

Abstract


Q.S. Al Fajr: 1-30?, 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan dalam Q.S. Al Fajr: 1-30 dengan
pendidikan saat ini?. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatanlibrary researh (penelitian pustaka). Metode yang digunakan adalah metodetahlili. Adapun
yang menjadi sumbernya adalah Alquran dan kitab-kitab Tafsir (Al-Misbah, Al-Wasith, Al-Azhar, dan
lain-lain) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada Q.S Al-Fajr
1-30 ialah sebagai berikut: a) Nilai disiplin, b) Balasan berupa hukuman (Punishment), c) Larangan
bersikap melampaui batas, d) Nilai keimanan, e) Nilai syukur, f) Nilai ketabahan, g) Nilai larangan berbuat
keji, h) Balasan berupa hadiah (Reward). 2) Terdapat relevansi kandungan surah al-Fajr terhadap kondisi
saat ini, mengingat kondisi masyarakat pada saat ini yang dilanda krisis keimanan dan ketakwaan serta
merosotnya moral sehingga membuat masyarakat jauh dari praktik-praktik yang sesuai dengan syari’at
Islam. Oleh karena itu, kajian ini bisa menjadi gambaran dan acuan dalam kehidupan untuk bisa mengarah
dalam menata kehidupan di masa yang akan datang, terlebih lagi bagi generasi muda Islam yang pada
saat ini kebingungan dan tidak mengetahui batas-batas yang jelas antara benar-salah, baik-buruk, dan
terpuji-tercela. Hal ini urgen untuk segera mungkin diaktualisasikan pada setiap individu Muslim. Jika hal
ini dapat terealisasi, maka akan tercipta suasana yang kondusif secara kolektif.
This study aims to analyze: 1) What educational values are contained in Q.S. Al Fajr: 1-30? 2) How is the
relevance of educational values in Q.S. Al Fajr: 1-30 with current education? This research belongs to the
category of qualitative research using the library research approach (library research). The method used is
the tahlili method. As for the sources are the Qur’an and the Tafseer books (Al-Misbah, Al-Wasith, Al-
Azhar, etc.). The results of the study show that: 1) The educational values contained in QS Al-Fajr are:
The educational values contained in the Qur’an in Surah al-Fajr verses 1-30 are as follows: a) Value of
discipline, b) Reply in the form of punishment (Punishment), c) Prohibition of overreaching, d) Value of
faith, e) Value of gratitude, f) Value of fortitude, g) Value of prohibiting acts of vile, h) Reward in the form
of reward. 2) There is relevance of the contents of surah al-Fajr to the current conditions, given the condition
of society at this time which was hit by a crisis of faith and piety and degeneration of morals that made
people far from practices that were in accordance with Islamic shari’a. Therefore, this study can be a
picture and reference in life to be able to lead in arranging life in the future, especially for the younger
generation of Islam who are currently confused and do not know the clear boundaries between right and
wrong, good - bad, and disgraceful. This is urgent to be possible to be actualized in every Muslim individual.
If this can be realized, it will create a conducive atmosphere collectively.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan dan Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Mujib, Abdul. et.al,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.

Bustami, A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad,Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Jakarta:

Bulan Bintang, 1980.

Langgulung, Hasan,Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1980.

Herimanto dan Winarno,Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Hasan, Basri dan Beni Ahmad Saebani,Ilmu Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia, 2010..

Kartono, Kartini,Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya, Jakarta: Rajawali, 1995.

Djahiri, Kosasih,Menelusuri Dunia Afektif: Pendidikan Nilai dan Moral , Bandung: Lab. Pengajaran PMP

IKIP Bandung, 1996.

Shihab, M. Quraish,Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran Vol.15, Jakarta: Lentera

Hati, 2002.

Muhamimin,Rekontrkusi Pendidikan Islam:Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, Kelembagaan,

Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta : Rajawali, 2009.

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010,

Mulyana, Rohmat,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sjarkawi,Pembentukan Kepribadian Anak Peran moral Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud

Integritas membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Syamsuddin,Kedisplinan dan Pendidikan Dalam Lingkungan, Jakarta : Raja Grafindo, 1989




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.