EVALUASI PROGRAM METODEUMMI DI SDIT ALIYA BOGOR
Abstract
program metode Ummi di SDIT Aliya Bogor, 2) prosedur rekuitmen peserta didik, daya dukung
orang tua, guru Al-Qur’an metode Ummi, ketersediaan sarana dan prasarana, pengelolaaan
program metodeUmmi serta pembiayaan program metodeUmmi di SDIT Aliya Bogor, 3) kegiatan
pembelajaran di SDIT Aliya Bogor yang mencakup (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
serta penilaian pembelajaran di SDIT Aliya Bogor, 4) Untuk mengetahui bagaimanakah laporan
perkembangan metode Ummi peserta didik dan hasil belajar jilid 1-6, Al-Qur’an, Ghorib dan
Tajwid di SDIT Aliya Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
menggunakan model Context, Input, Procces, Product . Sumber data diambil dari data primer
dan data sekunder melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
adalah sebagai berikut: 1) evaluasi komponen konteks (Context) yaitu landasan penyelenggaraan
program metode Ummi, tujuan program metode Ummi SDIT Aliya Bogor, sasaran program
metode Ummi SDIT Aliya Bogor, menetapkan pada kategori cukup sesuai dengan kriteria, 2)
evaluasi komponen masukan (Input) yaitu tiga aspek yang terkategori baik adalah peserta didik,
daya dukung orang tua, pembiayaan, sedangkan tiga aspek lagi yaitu guru Al-Qur’an metode
Ummi, sarana dan prasarana, dan pengelolaan metode Ummi sesuai dengan kriteria Ummi
Foundation, 3) evaluasi komponen proses (Process) yang terbagi menjadi tiga aspek evaluasi
yaitu perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran
dan evaluasi sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan, dan 4) evaluasi komponen produk (Product)
yaitu laporan perkembangan metode Ummi peserta didik dan hasil belajar metode Ummi peserta
didik sesuai dengan kriteria Ummi Foundation.
Kata Kunci: Evaluasi Program, CIPP, Metode Ummi
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ananda, Rusydi dan Tien Rafida,Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan, Perdana Publishing,
Chen Huey-Tsyh,Practical Program Evaluation: Assessing and Improving Planning, Implementation
and Effectiveness (California: Sage Publication. Inc., 2005)
Fatmasari, Yuni, “Efektifitas Pembelajaran Metode Ummi Terhadap Peningkatan Kemampuan Hafalan
Surat Pendek Pada Siswa Kelas II SD Taquma Surabaya”, Skripsi Sarjana Pendidikan,
(Surabaya: Perpustakaan UINSA, 2014)
McNamara, James F. David A. Erlandson dan Maryanne McNamara,Measurement and Evaluation:
Strategies for School Improvement. New York: Eye on Education, 1999.
Qurdhawi, Yusuf,Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1998
Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar sekolah: untuk Pendidikan Non Formal dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)
Stufflebeam, Daniel L,Educational Evaluation & Decision Making (Indiana: Phi Delta Kappa, 1977)
Stufflebeam, Daniel L. dan Anthony J. Shinkfield,Systematic Evaluation A Self Instructional Guide to
Theory and Practice. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing, 1988
Sukardi,Evaluasi Pendidikan Prinsip Dan Operasionalnya,Jakarta, Bumi Aksara, 2010
Ummi Foundation,Modul Sertifikasi guru Al-Qur’an Metode Ummi. 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.